visitaaponce.com

IndiGo India Cetak Rekor Pemesanan 500 Airbus A320

IndiGo India Cetak Rekor Pemesanan 500 Airbus A320
Pesawat Airbus A320 milik IndiGo bersiap untuk mendarat di bandara Mumbai, India, pada 12 Januari 2011.(AFP/Punit Paranjpe.)

MASKAPAI bertarif rendah India, IndiGo, pada Senin (19/6), mengatakan telah memesan 500 pesawat A320 dari produsen Eropa Airbus di Paris Air Show. Dengan daftar harga US$55 miliar--meskipun harga jual aktual yang dipegang erat biasanya lebih rendah--kesepakatan itu menjadi pesanan penerbangan sipil terbesar yang pernah ada dan langkah bersejarah untuk kedua perusahaan. 

Itu dikatakan kepala IndiGo Pieter Elbers. Pesawat dijadwalkan untuk pengiriman antara 2030 dan 2035.

Bos Airbus Guillaume Faury mengatakan penandatanganan pada Senin ialah, "Tonggak sejarah yang sangat besar. Sepengetahuan dan ingatan kami, belum pernah ada yang memesan," begitu banyak pesawat dalam satu pemesanan.

Baca juga: Saingi Tiongkok, Uni Eropa Sepakati Dagang dengan Kenya

Dengan catatan pesanan sekarang di lebih dari 1.300 pesawat, kontrak tersebut juga menjadikan pelanggan terbesar Airbus ialah IndiGo untuk keluarga A320. Maskapai itu berlomba untuk berkembang dengan permintaan di negara terpadat di dunia.

Maskapai tanpa embel-embel itu ialah salah satu yang terbesar untuk penerbangan internal di India. Pasar penumpang udara India memiliki pertumbuhan tercepat di dunia sebelum pandemi virus korona.

Baca juga: Norwegia Ingin Perbesar Kuota Perempuan di Dewan Direksi Perusahaan

Rivalnya, Air India, sebelumnya menjadi pemegang rekor untuk pesanan tunggal terbesar dengan 470 pesawat pada Februari 2022. Namun, angka itu dibagi antara Airbus dan pesaingnya dari Amerika, Boeing. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat