visitaaponce.com

Bank Sentral Inggris Naikkan Suku Bunga ke Level Tertinggi, Redam Inflasi

Bank Sentral Inggris Naikkan Suku Bunga ke Level Tertinggi, Redam Inflasi
Gubernur Bank Sentral Inggris Andrew Bailey saat mengumumkan kenaikan suku bunga menjadi 4% pada Februari 2023.(AFP)

BANK sentral Inggris menaikkan suku bunga utamanya setengah poin menjadi 5% untuk mengatasi tekanan inflasi. Meskipun, langkah tersebut disadari akan memperburuk krisis biaya hidup.

Kenaikan suku bunga itu menjadi yang ke-13 kalinya secara beruntun dan menjadi level tertinggi selama 15 tahun terakhir.

Bank sentral ditugaskan oleh pemerintah untuk menjaga inflasi tahunan Inggris mendekati target 2%. Namun, keputusan bank sentral telah membawa tingkat suku bunga ke level tertinggi sejak krisis keuangan 2008.

Baca juga : Inflasi Inggris Tetap Tinggi, Bank Sentral Diperkirakan Naikkan Suku Bunga

"Ada berita positif yang signifikan dalam data terakhir yang mengindikasikan persistensi lebih dalam proses inflasi," kata Bank of England (BoE) dari pertemuan kebijakan reguler, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Keputusan tersebut diambil satu hari setelah data menunjukkan inflasi tahunan Inggris tetap di 8,7% pada Mei 2023, menentang ekspektasi perlambatan. Saat ini, tingkat inflasi Inggris adalah yang tertinggi di antara negara-negara kaya G7.

Baca juga : Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan 5,75 Persen Demi Kendalikan Inflasi

Sebelum data kenaikan suku bunga dirilis, pasar mengharapkan kenaikan seperempat poin yang lebih kecil.

Kenaikan setengah poin suku bunga BoE menjadi 5% sangat kontras dengan bank sentral Amerika Serikat (The Fed), yang pekan lalu menekan jeda kenaikan suku bunga AS setelah penurunan tajam inflasi negara itu.

Sebelum menaikkan suku bunganya menjadi 5%, Bank Sentral Eropa pekan lalu, telah menaikkan biaya pinjamannya sebesar seperempat poin.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah menjadikan pemotongan laju kenaikan harga sebagai prioritas bagi pemerintah Konservatifnya menjelang pemilihan umum tahun depan.

Pedagang mengantisipasi suku bunga Inggris yang akan mencapai 6% pada akhir tahun, kemungkinan mendorong Inggris ke dalam resesi.

Sunak ingin inflasi diturunkan menjadi 5% pada akhir tahun, atau sekitar setengahnya pada awal 2023.

BoE mulai menaikkan suku bunga utamanya dari rekor terendah 0,1% pada akhir 2021, dengan inflasi mulai merangkak naik karena ekonomi perlahan-lahan keluar dari penguncian.

Inflasi Inggris mencapai puncaknya sepanjang 41 tahun terakhir di angka 11,1% pada Oktober 2022 lalu, karena tagihan energi yang merajalela, setelah produsen minyak dan gas utama Rusia menginvasi Ukraina pada awal 2022.

Inflasi inti, yang menghapus biaya makanan dan energi, melonjak pada Mei menjadi 7,1% atau tertinggi dalam lebih dari tiga dekade.

Dua dari sembilan pembuat kebijakan bank memilih Kamis untuk tidak ada perubahan, dengan alasan bahwa "kejutan harga energi dan guncangan biaya global lainnya" seperti lonjakan harga makanan akan terus berbalik arah tahun ini.

 

Gejolak pinjaman perumahan

Pemberi pinjaman komersial cenderung menyesuaikan pergerakan suku bunga bank sentral pada pinjaman rumah mereka. Akibatnya, tingkat hipotek dan sewa Inggris melonjak, menggigit jauh ke dalam pendapatan yang dapat dibuang sementara kenaikan gaji gagal mengimbangi inflasi.

BoE Kamis mengatakan bahwa "dampak penuh" dari 13 kenaikan suku bunga yang beruntun, tidak akan terasa untuk beberapa waktu di pasar hipotek.

Pembuat kebijakan juga menyadari bahwa semakin penting untuk mempertimbangkan perkembangan di pasar persewaan. Kenaikan BoE juga membuat biaya pinjaman jangka panjang pemerintah Inggris melonjak. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat