visitaaponce.com

BI Siapkan Uang Tunai Rp93 Triliun Jaga Ketersediaan di Juni-Juli 2023

BI Siapkan Uang Tunai Rp93 Triliun Jaga Ketersediaan di Juni-Juli 2023
Petugas mengecek uang tunai sebelum didistribusikan ke ATM(MI/Ramdani)

DIREKTUR Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono memastikan bank sentral bakal menjaga ketersediaan uang tunai selama libur Idul Adha dan libur sekolah 2023. BI menyiapkan uang tunai sebesar Rp93 triliun untuk Juni-Juli 2023.

Nilai tersebut lebih tinggi 11,3% bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Adapun realisasi penarikan perbankan secara nasional di BI yang terkonsentrasi sebelum libur panjang Idul Adha (27/6) sebesar Rp18,2 triliun juga secara optimal terpenuhi.

Erwin mengatakan, selain memastikan pemenuhan kebutuhan uang tunai, BI juga melalukan koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka pengedaran uang dan meningkatkan edukasi Cinta, Bangga, Paham (CBP) Rupiah kepada masyarakat untuk menjaga kecukupan uang.

Baca juga : Daya Beli Tinggi, Penarikan Uang Tunai Nataru Sentuh Rp130 Triliun

Koordinasi dan kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka pengedaran uang tunai, kata Erwin, dilakukan bersamaan dengan dorongan kepada masyarakat untuk mengoptimalkan pembayaran non tunai.

Itu ditempuh dengan memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan perbankan di seluruh Indonesia melalui kantor perwakilan BI di daerah, sehingga perbankan memiliki pasokan uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur.

"BI menginstruksikan perbankan untuk memperhatikan kebutuhan uang tunai di daerah yang diperkirakan akan mengalami lonjakan permintaan selama libur panjang ini," kata Erwin.

Baca juga : Jelang Natal, BI Maluku Siapkan Uang Tunai Rp1,29 Triliun

Ketersediaan tersebut termasuk pada terminal ATM/CRM (Cash Recycle Machine) di seluruh Indonesia serta memastikan terminal tetap beroperasi demi kenyamanan masyarakat.

Lalu BI juga melakukan kerja sama dengan TNI Angkatan Laut (AL) guna pemenuhan kebutuhan uang tunai untuk wilayah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal) termasuk untuk antisipasi selama libur ini. 

Pada 2023, BI dan TNI AL mentargetkan sebanyak 17 kali Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di 85 pulau yang termasuk dalam wilayah 3T.

Baca juga : BI Nusa Tenggara Timur Siapkan Rp2,2 Triliun buat Natal dan Tahun Baru

"Sampai dengan Juni 2023 telah dilakukan kegiatan ERB sebanyak 8 kali mencakup 41 pulau dengan jumlah uang yang telah diedarkan sebesar Rp90,1 miliar," jelas Erwin.

BI juga mendorong masyarakat mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai diantaranya QRIS, memperluas kepersertaan BI-FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi.

Sejalan dengan itu, kata Erwin, BI menempuh langkah strategis guna memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai, diantaranya memastikan kesiapan sistem dan layanan kritikal BI (tunai dan nontunai), termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi pembayaran kepada masyarakat. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat