visitaaponce.com

BI Nusa Tenggara Timur Siapkan Rp2,2 Triliun buat Natal dan Tahun Baru

BI Nusa Tenggara Timur Siapkan Rp2,2 Triliun buat Natal dan Tahun Baru
Petugas menyiapkan kebutuhan uang tunai(MI/Ramdani)

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provini Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan uang tunai sebanyak Rp2,2 triliun untuk kebutuhan masyarakat saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Kantor Perwakilan BI NTT Donny Heatubun mengatakan, uang yang disiapkan tersebut lebih besar dari proyeksi kebutuhan masyarakat yang diperkirakan sebesar Rp1,9 triliun.

"Proyeksi tersebut lebih tinggi dibandingkan realisasi penarikan uang pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,8 miliar," katanya di Kupang, Jumat (8/12).

Baca juga : Nataru 2023-2024, Penumpang Kapal Laut Diprediksi Naik 17%

Menurutnya, peningkatan ekspektasi konsumsi masyarakat dan potensi mobilitas masyarakat yang lebih tinggi pada akhir tahun ini, lebih tinggi jumlah uang yang disiapkan oleh Bank Indonesia tersebut.

Hal ini menunjukkan komitmen Bank Indonesia untuk senantiasa mendorong kelancaran sistem pembayaran dengan menyediakan kecukupan uang rupiah kartal di masyarakat dengan nominal yang cukup pecahan dan denominasi yang sesuai serta dalam kondisi layak edar.

Baca juga : Jasa Marga Bersiap Hadapi Kepadatan Lalu Lintas saat Libur Natal dan Tahun Baru

Selain itu, tambah Heatubun, Bank Indonesia juga bersinergi dengan perbankan di NTT untuk membuka layanan penukaran uang Rupian di 69 titik. Pembukaan layanan tidak hanya di Kota Kupang, namun juga mencakup pembukaan layanan penukaran perbankan di lima pulau besar di Nusa Tenggara Timur yaitu Timor, Sumba, Flores, Alor dan Lembata.

Untuk mengetahui lokasi layanan tersebut masyarakat dapat mengakses website Selatan-NKRI (site layanan penukaran perbankan Provinsi NTT) di 
http://bit.ly/Selatan-NKRI, Layanan penukaran tersebut tidak dipungut biaya, terbuka untuk umum dan tidak harus merupakan nasabah bank dimaksud.

"Bank Indonesia selalu mengajak masyarakat untuk berperilaku belanja bijak sesuai kebutuhan, berhemat, dan berinvestasi dengan cermat. Bank Indonesia juga mendorong masyarakat merawat Rupiah guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah (CBP Rupiah)," ujarnya.

Dia mengatakan, KPW BI NTT senantiasa berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait untuk memberikan layanan sistem pembayaran tunai dan nontunai guna mendukung kelancaran transaksi di masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat