visitaaponce.com

Bulog Pastikan El Nino tidak Ganggu Cadangan Stok Beras

Bulog Pastikan El Nino tidak Ganggu Cadangan Stok Beras
Petani merontokan biji tanaman padi hasil panen di Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah(Antara)

PERUSAHAAN Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan beras akan tersedia hingga akhir tahun meski El Nino mengancam tingkat produksi dalam waktu dekat. Sebab, penyerapan beras dari dalam dan luar negeri terus dilakukan oleh perusahaan.

"Sebetulnya ada atau tidak El Nino, kita ini patokannya adalah stok yang harus dijaga pada level tertentu. Kita optimis sampai dengan akhir tahun, ketika sudah tidak ada panen lagi, stok kita itu akan ada di atas 1 juta ton," ujar Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal saat dihubungi, Jumat (14/7).

Dia mengatakan, Bulog diamanatkan oleh pemerintah untuk bisa menjaga stok beras di angka 1,2 juta ton hingga akhir tahun. Pemenuhan stok itu dapat dilakukan perusahaan dengan menyerap beras dari petani dan melalui importasi.

Baca juga : Antisipasi El Nino Bulog Sulteng Maksimalkan Penyerapan Beras Petani Lokal

Kuotasi impor beras yang diberikan pemerintah kepada Bulog diketahui mencapai 2 juta ton untuk 2023. Selain untuk mendukung kecukupan jumlah stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP), impor juga digunakan untuk mendukung beras komersil perusahaan.

Baca juga : Kementan Libatkan Petani Milenial untuk Antisipasi Dampak El Nino

Penyerapan beras dari dalam negeri dan impor terus dilakukan perusahaan. Karenanya, Iqbal meyakini kebutuhan beras nantinya tetap dapat terpenuhi meski El Nino diperkirakan akan tiba dalam waktu dekat.

Bila pun nantinya El Nino mengganggu tingkat produksi beras, Bulog akan siap untuk menyalurkan beras miliknya guna menjaga stabilitas harga, baik di tingkat petani, maupun konsumen. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat