visitaaponce.com

Pengamat Bank Himbara Sebaiknya Memulai Langkah Pemerintah untuk Penghapusbukuan Kredit Macet UMKM

Pengamat: Bank Himbara Sebaiknya Memulai Langkah Pemerintah untuk Penghapusbukuan Kredit Macet UMKM
Ilustrasi: Gedung BNI di Jakarta(Ist/BNI )

DIREKTUR Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan terkait rencana pemerintah untuk penghapusbukuan dan penghapustagihan kredit macet UMKM, sebaiknya bank himbara yang bisa segera lakukan penghapusan buku kredit UMKM, sebelum menunggu aturan teknis untuk bank swasta.

"Lebih cepat lebih baik bagi debitur UMKM sekaligus bagi kualitas kredit perbankan HIMBARA," kata Bhima saat dihubungi, Senin (17/7).

Penghapusan buku bisa diprioritaskan ke UMKM di sektor produktif yang serap tenaga kerja besar. Meski porsi kredit UMKM yang macet saat restruk sebenarnya kecil namun dampak positif dari penghapus buku yang dihasilkan sangat besar.

Baca juga: Soroti Risiko Penggunaan TikTok, Kominfo Bakal Bentuk Satgas Bareng Kemendag

"Skema ini perlu melibatkan dana APBN, sehingga prosedur hapus buku perlu dibahas intens antara OJK dan Kemenkeu, karena sifatnya mendukung penyaluran kredit baru dan mendorong UMKM bangkit. Anggaran hapus buku yang ditaksir hanya berkisar Rp6 triliun sebenarnya bisa diambil dari dana pencadangan Kementerian/Lembaga," kata Bhima. (Try/Z-7)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat