visitaaponce.com

KCIC Usulkan Tarif Diskon Kereta Cepat Jakarta-Bandung

KCIC Usulkan Tarif Diskon Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jembatan menuju Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.(Antara/Raisan Al Farisi.)

HARGA tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diusulkan tarif diskon sebesar Rp250 ribu selama 3 tahun. Tarif ini untuk kelas II.

"Tarif kita usulkan ke Kementerian Perhubungan ya, tiga tahun ini diusulkan untuk diskon tarif Rp250 ribu sama seperti Kereta Api Argo Parahyangan. Biar penumpang memilih apakah kereta cepat, mereka yang mau cepat. Mungkin yang sesuai perjalanannya dengan KAI silahkan pakai KAI. Rp250 ribu itu untuk kelas II ya," kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi di kantor KCIC Halim, Jakarta, Sabtu (12/8).

Namun, Dwiyana enggan memberikan keterangan terkait harga normal sebenarnya dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut. Ia menegaskan bahwa harga tersebut dinilai sudah sangat ideal. "Yang penting Rp250 ribu dulu untuk menarik minat beralih dari jalan tol ke kereta cepat dan mengurangi macet. Semurah mungkin Rp250 ribu pasti ideal," ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Harus Prioritaskan Rel Trans Sumatra Dibanding LRT dan Kereta Cepat

Saat ini, menjelang uji coba operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pembangunan prasarana menunjukkan progres yang signifikan. Progres konstruksi saat ini mencapai 95,57% per Juli 2023. Adapun untuk pembangunan Stasiun Halim sudah mencapai 97,32%, Karawang mencapai 98,14%, Padalarang mencapai 67,51%, dan Tegalluar mencapai 99,82%.

Nanti Stasiun Halim akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jalan DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta-Cikampek, LRT Jabodebek, hingga BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, shuttle dari Bandara Halim, Mikrotrans, dan taksi konvesional maupun online. "Masyarakat Jakarta dan sekitarnya diharapkan bisa dengan mudah menjangkau Stasiun KA Cepat Halim. Karena itu kami berusaha menyediakan berbagai akses yang strategis untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujarnya.

Baca juga: 1 September, Jokowi Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Penyediaan akses Terusan Jalan DI Pandjaitan tersebut merupakan kolaborasi antara KCIC dengan Pemprov DKI Jakarta. Selain itu KCIC berkolaborasi dengan Jasa Marga untuk menyediakan Exit Tol km 1+850 agar masyarakat bisa mengakses langsung Stasiun Halim dari tol Jakarta-Cikampek. Kedua akses jalan ini akan siap dioperasikan pada Agustus 2023.

Selain itu, sejumlah persiapan juga akan dilakukan seperti uji coba kereta cepat dengan kecepatan hingga 350 km/h serta sertifikasi sarana dan prasarana dengan Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan izin operasi. Secara bertahap KCIC juga sedang mempersiapkan berbagai perlengkapan di area stasiun untuk pelayanan dan kenyamanan kepada para penumpang. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat