visitaaponce.com

Menhub Bandara Baru Mentawai akan Beroperasi Tahun Ini

Menhub: Bandara Baru Mentawai akan Beroperasi Tahun Ini
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi(MI)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan proses pembangunan Bandara Rokot Mentawai di Mentawai, Sumatra Barat, telah rampung. Saat ini, pihaknya sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara dan bisa segera dioperasikan tahun ini.

“Kemungkinan bulan depan peresmiannya akan dilakukan Bapak Presiden yang akan datang ke sini," ujar Budi melalaui keterangan resmi, Senin (14/8).

Rokot Mentawai dibangun untuk menggantikan bandara lama yaitu Rokot Sipora yang sudah tidak bisa dikembangkan karena keterbatasan lahan.

Baca juga: Pemerintah Harus Prioritaskan Rel Trans Sumatra Dibanding LRT dan Kereta Cepat

Bandara baru itu didesain memiliki panjang runway 1.500 meter dengan lebar 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat dengan kapasitas maksimal 78 penumpang. Sebelumnya, bandara lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan yang berkapasitas 12 orang. Saat itu, panjang runway hanya 850 meter dengan lebar 23 meter.

Dulu, infrastruktur di Mentawai kurang diperhatikan lantaran pulau itu merupakan salah satu daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Baca juga: PUPR: Air Keran di IKN Nusantara Bisa Langsung Diminum

“Saya menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3TP seperti Mentawai terjaga dengan baik. Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikannya dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya sudah 3 kali datang ke sini dari sebelum dibangun, sedang dibangun, dan sekarang ini, untuk mengawal ini dengan maksimal,” jelas Budi.

Ia berharap, dengan pembaruan infrastruktur, akan ada lebih banyak masyarakat yang datang berkunjung ke Mentawai. Pulau tersebut sedianya menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Tanah Air.

"Mentawai merupakan daerah tujuan wisata dan terkenal dengan ombak yang diburu para penggemar olahraga selancar. Jadi permintaan penerbangan pun cukup tinggi,” ucapnya.

Menhub juga meminta pemerintah daerah setempat bisa membantu memastikan tingkat keterisian pesawat, misalnya dengan menyelenggarakan berbagai event dan melakukan block seat.

“Jika minimal ada 56 orang tiap penerbangan dengan ATR, maskapai akan mau terbang,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai Fernando Jongguran Simanjuntak merasa senang dengan kunjungan dari Menhub untuk bersama-sama mengecek pembangunan bandara baru di Mentawai.

“Kami yakin kehadiran bandara ini bisa mendongkrak tingkat kunjungan ke kepulauan Mentawai, khususnya kedatangan domestik. Harapannya juga bukan saja sektor pariwisata, tapi sektor-sektor lain seperti UMKM, nanti juga akan ikut bertumbuh di kepulauan Mentawai," tutur Fernando.

Sepanjang 2022, total penumpang dari dan menuju Mentawai melalui jalur udara tercatat sebanyak 1.354 penumpang dengan 219 pergerakan pesawat. Rute perintis itu dilayani oleh operator Susi Air dengan frekuensi penerbangan dua kali dalam sepekan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat