visitaaponce.com

ASEAN Didorong Responsif Sikapi Dinamika Global

ASEAN Didorong Responsif Sikapi Dinamika Global
Sri Mulyani meminta para menteri keuangan dan gubernur bank sentral untuk bisa merespon perubahan dengan cepat, tangkas, dan efektif.(AFP)

MENTERI keuangan dan gubernur bank sentral ASEAN didorong untuk adaptif dan responsif dalam menghadapi persoalan global. Hal itu diperlukan untuk menyesuaikan dinamika global yang sewaktu-waktu dapat menggangu perekonomian tiap negara di kawasan.

“Para menkeu dan gubernur bank sentral harus bisa merespons perubahan dengan cepat, tangkas, dan efektif,” tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sesi pembuka pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN ke-10, Jakarta, Jumat (25/8).

Dia mengatakan, salah satu dinamika global yang berpotensi memberi dampak pada tiap anggota ASEAN ialah selisih paham antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Perseteruan kedua negara itu, kata Sri Mulyani, perlu diwaspadai dan dicermati perkembangannya sebagai upaya antisipasi dari dampak buruk ke kawasan.

Baca juga: 

“Sebagai negara tetangga yang dekat, kita tidak bisa memilih tetangganya, tetapi kita bisa memilih hubungan seperti apa yang bisa lebih baik dan saling menguntungkan,” kata Sri Mulyani.

“Maka dari itu, negara-negara ASEAN harus berdiri bersama dengan semakin memperkuat jalinan ikatan di antara kita, kolaborasi, dan engagement, untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan dan stabilitas,” lanjutnya.

Baca juga: 

Salah satu upaya memperkuat ikatan negara-negara di ASEAN ditempuh melalui forum yang dilakukan saat ini. Melalui forum tersebut, beragam pemahaman hingga kerja sama dapat menciptakan kebijakan jangka panjang yang relevan dan penting untuk diadopsi tiap negara di kawasan.

Hal serupa menurut Sri Mulyani, juga perlu dilakukan oleh ASEAN sebagai kawasan dengan negara-negara lain atau regional lain guna memperkokoh perekonomian. Itu dinilai tak hanya menguntungkan bagi kawasan, tapi juga akan berdampak pada lingkup global.

“Bersama-sama sebagai satu kawasan, ekonomi ASEAN juga untuk memperkuat lagi posisi strategisnya dan sentralitasnya dalam bekerja sama dengan semua negara partner ASEAN untuk memperkuat perdagangan, investasi, dan perjanjian ekonomi di kawasan demi keuntungan ASEAN dan bermanfaat juga bagi dunia,” pungkas Sri Mulyani. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat