visitaaponce.com

Menkeu Sri Mulyani Akan Ke DPR Bila Rupiah Mendekati Rp16 RibuUSD

Menkeu Sri Mulyani Akan Ke DPR Bila Rupiah Mendekati Rp16 Ribu/USD
Menkeu Sri Mulyani akan meminta pandangan DPR bila nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat mendekati Rp16 ribu.(Antara)

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani akan meminta pandanganDPR RI bila nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang mendekati level Rp16 ribu per USD. 

"Jadi nanti dengan DPR kita akan dapat masukan dan pandangan yang paling aktual dari situasi terkini, termasuk indikator-indikator tadi yang saya sampaikan," kata Sri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (22/5).

Sri mengatakan pihaknya tengah membahas kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal yang telah disampaikan pada rapat DPR sebelumnya. Pekan depan, kata dia, fraksi-fraksi akan menyampaikan pandangannya.

Baca juga : Sri Mulyani: Kondisi Rupiah Relatif Baik di Tengah Penguatan Dolar AS

"Dalam pembahasan itu nanti asumsi makro bakal dibahas, nilai tukar, inflasi, nilai suku bunga, harga minyak, nanti itu bakal jadi forum formal yang membahas dari berbagai sudut pandang. Perubahan yang terjadi di dunia juga kan akan cepat sekali dinamikanya," ucap Sri.

Berdasarkan data Bloomberg, pada penutupan perdagangan Selasa, 21 Mei 2024, rupiah melemah 20,5 poin atau 0,13 persen. Posisi rupiah menjadi Rp15.998,5 per USD jika dibandingkan penutupan perdagangan Senin, 20 Mei 2024.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan penguatan indeks dolar AS pada selasa ini lebih banyak didukung oleh banyak komentar dari pejabat Fed.

Mereka menyatakan bank sentral masih perlu lebih diyakinkan bahwa inflasi sedang turun, dan suku bunga kemungkinan tidak akan berubah untuk sementara.

"Hal ini membuat risalah pertemuan The Fed pada akhir bulan April, yang dijadwalkan pada Rabu, menjadi fokus utama, untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut mengenai sikap bank tersebut terhadap suku bunga," jelas Ibrahim. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat