visitaaponce.com

Besok, LRT Jabodebek Resmi Uji Coba Penumpang Terbatas dengan Tarif Rp1

Besok, LRT Jabodebek Resmi Uji Coba Penumpang Terbatas dengan Tarif Rp1
Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek melintas saat uji coba terbatas di jalur LRT Dukuh Atas-Cawang, Jakarta, Rabu (12/7).(ANTARA/APRILLIO AKBAR)

MENJELANG diresmikannya pengoperasian kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) pada minggu depan, moda transportasi terbaru itu akan menjalankan uji coba operasional terbatas dengan penumpang yang sebelumnya sempat dihentikan.

Pada uji coba yang rencananya dilaksanakan pada, Sabtu-Minggu, 26-27 Agustus 2023, bakal membawa penumpang yang sebelumnya telah mendaftarkan diri pada website LRT Jabodebek. Mereka yang sudah terdaftar, akan mendapatkan konfirmasi dari pihak LRT Jabodebek untuk mengikuti uji coba operasional terbatas dengan tarif Rp1 dengan kartu elektronik atau e-money dari Bank Himbara, Bank DKI atau Bank BCA.

“Pada saat uji coba operasional terbatas besok, masyarakat yang telah mendapatkan konfirmasi bisa datang sesuai jawal," ungkap Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo dalam keterangannya, Jumat (25/8).

Baca juga : Dishub DKI Ajak Bekasi dan Bogor Sediakan Angkutan Feeder LRT Jabodebek

Masyarakat yang mengikuti kegiatan uji coba terbatas ini diharuskan berangkat dari lokasi yang sudah dipilih sebelumnya dan diizinkan untuk turun dan mengakhiri perjalanannya di semua stasiun LRT Jabodebek kecuali stasiun Halim.

Baca juga : LRT Jabodebek Beroperasi 28 Agustus 2023, Bidik 137 Ribu Penumpang Per Hari

"Pastikan untuk selalu melakukan tap in di stasiun keberangkatan dan Tap out di stasiun tujuan," ujar Kuswardoyo.

Pada Senin, 28 Agustus 2023, LRT Jabodebek rencananya akan beroperasi secara komersial. Untuk tarif rute terjauh moda transportasi tersebut yakni dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Jatimulya dipatok Rp27.400. Sedangkan, untuk tarif kereta rute terdekat dari Stasiun Cawang–Stasiun Halim sebesar Rp7.000.

Nantinya terdapat 434 perjalanan LRT Jabodebek yang siap melayani penumpang setiap hari. Dimana kapasitas satu rangkaian LRT Jabodebek dapat menampung hingga 1.308 penumpang.

Total ada sebanyak 31 train set (rangkaian kereta) akan disiapkan. LRT Jabodebek melayani masyarakat di 18 stasiun yang menghubungkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat