visitaaponce.com

Viral Rangka eSAF Honda di Media Sosial, Ini Kata Menperin Agus Gumiwang

Viral Rangka eSAF Honda di Media Sosial, Ini Kata Menperin Agus Gumiwang
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita(Antara/Galih Pradipta)

MENTERI Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menanggapi perihal viralnya keluhan masyarakat terhadap rangka eSAF sepeda motor produksi Astra Honda Motor (AHM) yang karatan dan rentan patah.

Agus mengatakan, pihak Astra Honda Motor (AHM) sudah memberikan klarifikasi terkait isu miring terkait kualitas produknya. Hal ini juga sudah diperkuat dengan pernyataan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Motor Honda patah kan sudah diklarifikasi langsung oleh Honda, dan KNKT sudah juga memberikan satu rilis bahwa tidak ada masalah dengan produsennya," kata Agus saat ditemui di Gedung DPR RI, Kamis (31/8).

Baca juga : Industri Otomotif Tumbuh terutama Didorong Produksi Sepeda Motor

Sementara itu, Agus belum memberikan pernyataan bahwa pihak Kemenperin akan melakukan inspeksi kepada pabrik AHM, lantaran kewenangan tersebut ada di tangan KNKT.

"KNKT sudah mengeluarkan rilis bahwa produk Honda tersebut aman, memang mereka yang punya kewenangan atau otoritas," ujar Agus.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menggelar rapat klarifikasi bersama PT. Astra Honda Motor (AHM) di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (28/8).

Baca juga : New Honda ADV160 Tampilkan Warna Baru

Direktur Sarana Transportasi Jalan Ditjen Perhubungan Darat Danto Restyawan mengatakan, hasil dari rapat tersebut nantinya akan dibentuk tim penelitian yang menangani isu patah dan korosi rangka eSAF yang terdiri dari Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan PT Astra Honda Motor.

Di samping itu, PT Astra Honda Motor juga akan melakukan perbaikan dan perawatan sesuai kondisi yang diperlukan melalui bengkel resmi AHM terdekat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan selamat.

"Berdasarkan hasil rapat ini, PT. Astra Honda Motor juga akan membuka jalur penyampaian keluhan terkait rangka eSAF ini," ujar Danto. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat