visitaaponce.com

Hadir di Mining Indonesia Expo, Trakindo Perkenalkan Teknologi Baru

Hadir di Mining Indonesia Expo, Trakindo Perkenalkan Teknologi Baru
Trakindo mengajak pelanggan mengenal teknologi Cat MineStar System dan merilis unit Motor Grader Cat 16 GC pada Mining Indonesia Expo 2023.(Ist)

PENINGKATAN produktivitas dan efisiensi merupakan hal mutlak yang harus dilakukan pelaku industri pertambangan agar mampu bertahan dan memiliki daya saing.

Untuk itu, PT Trakindo Utama (Trakindo) sebagai penyedia solusi alat berat caterpillar, mengajak pelanggan mengenal teknologi Cat MineStar System (MineStar) sekaligus meluncurkan unit Motor Grader Cat 16 GC pada Mining Indonesia Expo 2023, di JI Expo, Jakarta, 13-16 September 2023.

Baca juga: PT Traktor Nusantara Kenalkan Alat Berat Terbaru di Mining & Construction Indonesia

General Manager Sales Mining Trakindo Ario Wirawan mengatakan penggunaan alat berat yang tepat dan penerapan teknologi terkini pada alat berat diharapkan bisa jadi solusi efektif mencapai hasil produksi optimal.

Terlebih, optimalisasi kemampuan alat berat merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas.

“Pada Mining Expo kali ini, Trakindo kembali menampilkan teknologi seperti MineStar dan produk terbaru untuk menjawab kebutuhan pelanggan khususnya di industri pertambangan."

"Harapannya melalui kegiatan ini, kami bisa hadir lebih dekat kepada pelanggan dan mendukung kemajuan bisnisnya, sekaligus berkontribusi meningkatkan industri pertambangan nasional,” kata Ario, di JI Expo, Jakarta, hari ini.

Baca juga: Dukung Indonesia Bebas Emisi, PT United Tractors Hadirkan Produk Alat Berat Bertenaga Listrik

Mengenai MineStar, jelas Ario, teknologi ini ialah solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia untuk membantu pelaku industri dalam mengelola rantai pekerjaan pertambangan.

"Mulai dari pelacakan material, manajemen armada, identifikasi kesehatan alat berat, hingga sistem peralatan otonom."

Selain itu, MineStar juga memiliki pembaruan fitur teknologi, di antaranya MineStar Edge sebagai ekosistem operasional berbasis cloud yang memberikan visibilitas ke setiap aspek operasi (mengukur, mengelola, menganalisis), dengan akurasi data hingga 98%.

Hal ini memungkinkan supervisor mengakses informasi dari komputer atau tablet dari mana saja hanya dengan koneksi internet, baik di pit maupun di kantor yang jauh.

"Supervisor pun bisa melakukan perubahan demi menjalankan rencana tambang secara efisien dan memberikan kualitas optimal ke site/plant," ungkap Ario.

Baca juga: UD Trucks Rayakan 10 Tahun Quester di GIIAS 2023

Selain itu, fitur Guardian 2 yang merupakan sistem canggih dan non-intrusif, juga mengurangi kemungkinan insiden berbahaya secara efektif dengan memperingatkan operator melalui getaran pada kursi dan suara alarm, serta menganalisis gejala kelelahan, microsleep, atau gangguan lain yang terdeteksi.

Pada acara Mining Expo tahun ini, Trakindo juga meluncurkan unit alat berat pendukung pekerjaan di pertambangan yaitu Motor Grader Cat 16 GC yang lebih ekonomis dan mudah dalam perawatan.

Cat 16 GC ialah unit yang dibutuhkan pelanggan, simpel penggunaannya, dan memiliki blade terbesar pada kelasnya yaitu 18 ft/5,5 meter.

"Unit ini amat andal untuk menyelesaikan pekerjaan pembangunan serta pemeliharaan jalan angkut dengan cepat dan efektif, sehingga operasional bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Bahkan, unit ini dapat memangkas konsumsi bahan bakar hingga 5%," tutup Ario. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat