visitaaponce.com

Potensi Energi Geotermal Jadi Salah Satu Pembahasan di IREIS 2023

Potensi Energi Geotermal Jadi Salah Satu Pembahasan di IREIS 2023
Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023(Dok. Shan Hai Map)

ENERGI geotermal adalah energi yang berasal dari panas bumi. Panas bumi ini bersumber dari aktivitas vulkanik di dalam bumi. 

Potensi energi geotermal akan ikut dibahas daam ajang Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023 di Jakarta, 13-14 November mendatang.

Ketua Panitai IREIS 2023 Lina mengatakan, geotermal merupakan sumber energi terbarukan yang memiliki banyak keunggulan. Adapun keunggulan geotermal berupa dapat diperbarui secara terus-menerus, tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembangkit listrik, pemanas air dan budidaya pertanian.

Baca juga : Baru 0,3% Potensi Energi Terbarukan Dimanfaatkan, Indonesia bisa Jadi Pelopor Transisi Energi

Namun lanjut Lina, energi geotermal juga memiliki beberapa tantangan, salah satunya adalah biaya yang relatif tinggi. Hal ini disebabkan oleh biaya eksplorasi dan pembangunan pembangkit listrik geotermal yang cukup besar.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi telah membantu untuk mengatasi tantangan ini. Teknologi pengeboran dan eksplorasi yang lebih canggih telah membuat biaya eksplorasi geotermal menjadi lebih terjangkau. Selain itu, teknologi pembangkit listrik geotermal yang lebih efisien juga telah membantu untuk mengurangi biaya operasi dan pemeliharaan," ungkap Lina, Kamis (14/8).

Berkat kemajuan teknologi, energi geotermal menjadi lebih terjangkau dan efisien. Hal ini membuka peluang yang lebih besar bagi energi geotermal untuk dikembangkan dan digunakan secara luas.

Baca juga : Hitay Daya Energy Siap Dorong Pemanfataan Energi Panas Bumi Indonesia

Beberapa contoh kemajuan teknologi yang telah membantu untuk membuat energi geotermal lebih terjangkau dan efisien dari pandangan PT Shan Hai Map selaku penyelenggara IREIS 2023, diantaranya, teknologi pengeboran horizonral untuk mengebor lebih dalam dan lebih luas, sehingga dapat meningkatkan produksi panas bumi.

Kemudian, teknologi eksplorasi geofisika yang telah membantu untuk lebih akurat memprediksi potensi panas bumi di suatu lokasi. Terakhir, teknologi pembangkit listrik geotermal yang lebih efisien telah mengurangi jumlah panas bumi yang dibutuhkan untuk menghasilkan listrik.

Dengan semakin terjangkau dan efisiennya energi geotermal, maka energi ini dapat menjadi pilihan yang lebih menarik untuk menggantikan bahan bakar fosil. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga : RI Ajak Negara Pulau dan Kepulauan Perkuat Pariwisata Berkelanjutan

Seiring berkembangkan energi terbarukan, PT Shan Hai Map melihat bahwa dengan mendukung dan mendorong energi terbarukan maka dapat menciptakan lebih banyak lingkungan hijau disuatu negara, kestabilan suhu bumi sehingga mencegah terjadinya perubahan iklim.

Hal itu menjadi salah satu tujuan Shan Hai Map menggelar Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 yang akan diadakan di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran energi terbarukan di kehidupan manusia di kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan. 

Baca juga : Wapres Dorong Perbaikan Insentif Eksplorasi Panas Bumi

Sehingga, tidak hanya memajukan perekonomian Indonesia, namun juga berharap dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan akibat eksplorasi. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat