visitaaponce.com

Dukung Hilirasasi, Pembangunan Smelter Nikel Matte MMP Diapresiasi Menperin

Dukung Hilirasasi, Pembangunan Smelter Nikel Matte MMP Diapresiasi Menperin
Acara grounberaking pembangunan smelter nikel matte di lokasi MMP, Kariangau, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur, baru-baru ini.(Ist)

PT Mitra Murni Perkasa (MMP) melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan atau groundbreaking smelter nikel matte di lokasi MMP, Kariangau, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur (Kaltim).

Acara groundbreaking diresmikan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dan dihadiri Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi baru-baru ini.

Dalam acara itu, hadir pula Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen Tri Budi Oetomo, Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Imam Sugianto, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud., Founder MMS Group Indonesia Andrew Hidayat dan jajaran manajemen MMS Group Indonesia (MMSGI).

Baca juga: JK Tinjau Pembangunan Smelter Ramah Lingkungan

Selain itu, turut hadir sejumlah perwakilan dari PT PLN (Persero), perwakilan kontraktor EPC-ENFI, perwakilan Bank Negara Indonesia (BNI) serta direksi Mitra Murni Perkasa (MMP).

Menperin mengatakan,”Pemerintah terus mendukung upaya pertumbuhan industri dalam negeri khususnya industri smelter dalam rangka hilirisasi industri di Indonesia."

Kemenperin Beri Dukungan

"Kemenperin tentu akan memberikan dukungan penuh kepada PT. MMP, agar seluruh kegiatan PT. MMP dapat segera berjalan sesuai dengan rencana," kata Agus dalam keterangan pers, Sabtu (16/9).

"PT. MMP juga akan memanfaatkan pasokan listrik dari jaringan listrik nasional (PLN) untuk mendukung kebutuhan listrik smelter," jelasnya.

Baca juga: Politeknik Tridaya Virtu Morosi Siap Cetak Lulusan untuk Industri Smelter

"Kami memberikan apresiasi kepada seluruh investor dan jajaran Direksi PT Mitra Murni Perkasa atas komitmennya dalam membangun industri smelter nikel matte di Indonesia," ucapnya.

"Pembangunan smelter nikel matte ini untuk mendukung pengembangan industri baterai kendaraan listrik dalam rangka ikut  menyukseskan program hilirisasi serta menjadi langkah penting menuju Indonesia Emas 2045,” papar Menperin.

Tonggak perjalanan pembangunan smelter nikel matte MMP sejak 2020 telah melewati proses studi kelayakan, persiapan lahan, perjanjian kerja sama pasokan listrik dengan PT PLN (Persero), dan pembangunan fasilitas jetty yang tengah dibangun oleh PT PP (Persero) .

MMP juga telah melakukan penandatanganan kontrak Engineering, Procurement and Construction (EPC) bersama dengan China ENFI pada 12 Juli 2023 silam di Jakarta.

Diproyeksikan Selesai pada Kuartal 4 Tahun 2024

Pembangunan proyek smelter nikel matte MMP diproyeksikan akan selesai pada kuartal 4 tahun 2024.

Smelter ini menghasilkan nikel matte sebesar 27.800 ton per tahun dengan kadar nikel 78% untuk mendukung hilarisasi industri dan pengembangan industri baterai nasional.

Baca juga: Hadiri Nickel Conference 2023, Mind Id Ulas Hilirisasi Nikel

”Di hari yang baik ini, smelter nikel matte MMP secara resmi mulai dibangun,” ucap Adhi Mustopo, Direktur Utama MMP.

Adhi mengatakan bahwa Indonesia berperan penting dalam penyediaan bahan baku nikel dunia dan memiliki posisi tawar khususnya dalam pengembangan kendaraan listrik global.

"Harapan kami MMP yang adalah 100% PMDN dapat menjadi proyek percontohan dalam industri smelter nikel matte di Indonesia," katanya.

Baca juga: MMS Group Tunjuk China ENFI Jadi Kontraktor Proyek Smelter Nikel di Kaltim

"Fasilitas smelter ini bukanlah sekedar proyek, akan tetapi merupakan perwujudan nilai dan aspirasi kami terhadap pertumbuhan ekonomi dan masyarakat sekitar dengan menerapkan penggunaan teknologi terbaru yang ramah lingkungan, serta memprioritaskan tata kelola yang baik (Good Corporate Governance),” terang Adhi.

Pengujian fungsional dalam kondisi tanpa beban smelter nikel matte MMP rencananya akan dilakukan pada akhir 2024.

Sedangkan pengujian menyeluruh terhadap proses produksi dan produk yang dihasilkan sampai pada beban puncak dijadwalkan akan selesai pada  kuartal ke-2 tahun 2025. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat