visitaaponce.com

Dorong Penerapan ESG, Garudafood Raih KCSA 2023

Dorong Penerapan ESG, Garudafood Raih KCSA 2023
Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Basuki Nur Rohman meraih penghargaan KCSA 2023 di Jakarta, Selasa (26/9).(Ist)

KOMITMEN PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk dalam mengutamakan praktik bisnis yang memerhatikan keberlanjutan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik kembali mendapatkan apresiasi lewat penghargaan Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) untuk sektor makanan dan minuman. 

Penghargaan diterima secara langsung oleh Direktur PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Basuki Nur Rohman di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Selasa (26/9). Penilaian ini mempertimbangkan beberapa indikator, antara lain program dan capaian terkait pengurangan emisi karbon, efisiensi energi dan air, pengelolaan limbah, pengelolaan lingkungan, sertifikasi ISO, peringkat Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta program kepedulian sosial. 

Pengembangan metodologi serta penilaian kinerja perusahaan melibatkan beberapa panel ahli salah satunya ialah Ketua Gugus Tugas Sustainability Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Maria Nindita Radyati.


Baca juga: PGN Jadikan Arun LNG Hub Kelas Dunia


"Penghargaan ini menjadi salah satu bentuk pengakuan atas upaya yang dilakukan Garudafood selama ini dan semakin memotivasi kami ke depannya dalam menjalankan bisnis yang memerhatikan keberlanjutan khususnya pada aspek Environment, Social, Governance (ESG)," tutur Basuki Nur Rohman dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (27/9).

Menurut dia, penghargaan tersebut juga selaras dengan komitmen Garudafood sebagai perusahaan yang mengedepankan praktik dan prinsip berkelanjutan.

Di tahun keduanya, KCSA memberikan apresiasi untuk perusahaan di tujuh sektor, yaitu perbankan dan keuangan (finance-bank), pertambangan (mining), perkebunan (plantation), makanan dan minuman (food and beverage), transportasi dan logistik, kimia, dan energi. Perusahaan dengan nilai atau skor terbaik di sektornya serta pemilik skor terbaik di masing-masing sub-kategori atau pilar penilaian mendapatkan penghargaan.

Dalam rangka penerapan praktik keberlanjutan, Garudafood saat ini tengah mengembangkan green initiatives yang fokus pada upaya pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) sebagai dampak dari operasional bisnis melalui penggunaan energi baru terbarukan (EBT), efisiensi energi, dan mulai menginisiasi penggunaan kendaraan listrik di unit operasional bisnis perusahaan. 

"Garudafood juga melakukan pengurangan penggunaan kertas dan air dalam seluruh kegiatan operasionalnya. Di samping itu, dalam mengelola dan mengurangi limbah operasional, Garudafood berupaya agar limbah yang dihasilkan dikelola dengan ramah lingkungan dan seminim mungkin berakhir di TPA (tempat pembuangan akhir) dengan menerapkan prinsip 4R (reduce, reuse, recycle, dan return to earth)," tandas Basuki.

Berbagai inisiatif itu merupakan upaya Garudafood dalam memastikan bahwa praktik bisnis yang dijalankan yaitu berkelanjutan dan bertanggung jawab serta dapat memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan. "Ke depannya, Garudafood akan terus memperkuat upayanya untuk mendukung penerapan keberlanjutan baik di seluruh lini bisnis dan para pemangku kepentingan yang terlibat," pungkasnya. (RO/I-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat