visitaaponce.com

Bank Muamalat dan Muamalat Institute Dukung Dai Muda Jatim Untuk Tingkatkan Ekonomi Syariah

Bank Muamalat dan Muamalat Institute Dukung Dai Muda Jatim Untuk Tingkatkan Ekonomi Syariah
Kompetisi Dai Muda Jawa timur(Dok. Bank Muamalat)

PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute berkomitmen untuk mempromosikan pengetahuan agama Islam dan pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai Islam khususnya ekonomi syariah dalam kehidupan sehari-hari.

Wujud nyata yang diberikan yaitu dukungannya untuk kegiatan Dai Muda Jawa Timur Competition yang diselenggarakan di Jatim Internasional Expo. Ajang itu diselenggarakan Suara Muslim Radio Network yang diadakan untuk memperingati Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Dai Muda Competition Jawa Timur diikuti sebanyak 250 peserta dari siswa siswi SMA/MA sederajat, yang bersaing dalam kompetisi pembuatan konten video dengan mengusung dua tema yaitu Keteladanan Akhlak Nabi Muhammad SAW dan Fastabiqul Khairat melibatkan kecakapan berbicara, pemahaman agama, dan kemampuan berdakwah.

Baca juga : Juara Kompetisi MIKIR, Mahasiswa Ini Jadi Direktur Eksekutif Selama Sehari

PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute juga menyumbangkan sumber daya dan dukungan untuk memastikan kesuksesan kompetisi ini. Dimana hadiah utamanya yaitu diundang kantor pusat Bank Muamalat yaitu ke Masjid Muamalat Tower, menjadi guest podcast Muamalat Institute, free training online senilai Rp500 ribu.

Direktur Eksekutif Muamalat Institute Anton Hendrianto mengatakan, ajang itu bukan hanya sebuah kompetisi semata, melainkan sebuah wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi mereka dalam berdakwah, menyampaikan pesan-pesan Islami, serta menjembatani antara nilai-nilai agama dengan kehidupan sehari-hari yang semakin kompleks.

Baca juga : Pengguna Reksa Dana Syariah Meningkat, FUNDtastic Apresiasi Kinerja Bank Muamalat

"Sebagai lembaga yang peduli terhadap perkembangan Islam dan memiliki misi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap prinsip-prinsip ekonomi dan keuangan Islam, kami merasa bahwa kompetisi seperti ini sangat relevan dan penting. untuk mencetak generasi muda yang berwawasan islam untuk memegang peran penting dalam menjaga dan menyebarkan nilai-nilai Islam. Kami berkomitmen untuk mendukung program kompetisi Dai muda ini secara berkelanjutan setiap tahunnya. Diharapkan melalui kompetisi ini, bertujuan untuk menjadikan Jawa Timur sebagai episentrum lahirnya Dai muda terbaik di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia," ujar Anton.

Muamalat Institute memahami pentingnya mendukung kegiatan yang mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang Islam dan mendorong pertumbuhan generasi muda yang memiliki pemahaman yang kuat tentang agama dan nilai-nilai moral sebagai cerminan dari sumpah pemuda.

Regional CEO Jatim, Bali, dan Nusra Bank Muamalat Aufrieda Artsiana Dewi mengatakan, pihaknya juga mengajak masyarakat Jawa Timur untuk mengubah cara berinteraksi dengan dunia perbankan.

Dengan mengadopsi digitalisasi, Bank Muamalat tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan ekonomi Jawa Timur. Digitalisasi mendorong kewirausahaan, penciptaan lapangan kerja, dan inklusi keuangan.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan digital kami, memperluas jaringan serta berkolaborasi dengan bisnis lokal dan startup untuk menciptakan ekosistem digital yang berkembang. Serta memastikan masyarakat dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi ini, khususnya pembukaan rekening bank. Dalam upaya untuk memberikan layanan yang lebih mudah, cepat, dan aman, kami memperkenalkan layanan pembukaan rekening online melalui mobile banking Muamalat DIN (Digital Islamic Network). Bersama-sama, kita dapat membangun Jawa Timur yang lebih inklusif secara finansial dan maju secara teknologi, sesuai dengan nilai-nilai dan prinsip-prinsip ekonomi islam," tuturnya.

Kompetisi Dai Muda Jawa Timur hiharapkan mendorong pemuda untuk lebih aktif terlibat dalam memahami prinsip-prinsip keuangan syariah dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dan beretika di daerah ini.

Dengan meningkatnya partisipasi pemuda dalam program ini setiap tahunnya, Aufrieda mengaku yakin, Jawa Timur akan menjadi pusat yang menghasilkan Dai muda terbaik di Indonesia.

"Ini akan membantu mengembangkan komunitas yang kuat dan terampil dalam bidang keuangan syariah, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan dan kesadaran masyarakat tentang nilai-nilai ekonomi syariah," ujarnya.

Kedepannya PT Bank Muamalat Indonesia dan Muamalat Institute terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah melalui program-program Link and Match Kampus dan Industri seperti Muamalat Enlightenment Campaign Program (MINTERIN), Muamalat Indonesia Kompeten (MIKO), Muamalat Institute Kuis Interaktif (MIKIR), Muamalat Institute Movement Entrepreneur Incubator (MIMPI) hingga Dosen Tamu. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat