visitaaponce.com

KCIC akan Tindak Tegas Oknum Penipuan Tiket Kereta Cepat

KCIC akan Tindak Tegas Oknum Penipuan Tiket Kereta Cepat
Presiden Joko Widodo bersiap menaiki kereta cepat Jakarta-Bandung(Antara )

PT KERETA Cepat Indonesia China (KCIC) akan menindak tegas oknum yang menjual tiket Kereta Whoosh. Diketahui ada oknum yang sengaja menjual tiket kereta cepat di salah satu platform media sosial, padahal tiket tersebut didapat gratis jika sudah mendaftar di website resmi KCIC.

Menurut Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa, para oknum ini akan ditindak secara hukum untuk memberikan efek jera. Masyarakat pun diimbau untuk melaporkan ke KCIC jika menemukan praktik ilegal tersebut.

"Bila ada pihak yang memperjualbelikan tiket tersebut laporkan pada kami, sehingga kami bisa menindaklanjuti ini. Tentunya akan kita tindak lanjuti dengan proses secara hukum," tegas Eva di Stasiun Tegalluar, Bandung, Senin (9/10).

Baca juga: KCIC: 15 Ribu Warga Jajal Kereta Cepat Tanpa Berbayar

Eva menjelaskan semua proses mulai dari pemesanan hingga perjalanan dengan menggunakan Kereta Cepat Whoosh ini tidak dikenakan biaya. Masyarakat yang mendaftar melalui website resmi KCIC akan mendapatkan konfirmasi dan dapat menukarkan bukti pembelian tiket di loket yang sudah tersedia. Begitu juga undangan dari KCIC, akan mendapatkan tiket dari loket resmi.

Saat ini, KCIC tengah melaksanakan Whoosh Experience Program untuk mengenalkan proyek sepur kilat itu ke masyarakat tanpa dipungut bayaran. Untuk tahap pertama program itu sudah berlangsung sejak 3-7 Oktober 2023, lalu dilanjutkan ke tahap kedua untuk periode 8-10 Oktober 2023.

Baca juga: Indonesia Mesti Bayar Utang Kereta Cepat Rp226,9 Miliar per Bulan

"Memang tidak ada tiket kereta cepat yang berbayar saat ini pada masa Whoosh Experience Program," ucap Eva.

Setelah program itu berakhir, KCIC akan menjual tiket kereta cepat relasi Jakarta-Bandung melalui website resmi perusahaan tersebut dan sejumlah mitra agen tiket perjalanan wisata.

"Untuk mendapatkan tiket kereta cepat akan ada berbagai jalur untuk masyarakat bisa mendapatkan tiket kereta cepat. Baik dari website resmi KCIC, atau pun juga yang bekerja sama dengan agen tiket. Kami akan mudahkan ini semua ke masyarakat," pungkas Eva.

Di sosial media X, salah satu akun secara gamblang menjual tiket Kereta Whoosh. Oknum itu memesan tiket kereta cepat dari Stasiun Tegalluar, Bandung ke Stasiun Halim, Jakarta, namun batal digunakan. Akhirnya, ia menjual tiket itu seharga Rp50 ribu.

"Jual tiket uji coba kereta cepat rute Tegalluar-Halim. Dijual karena enggak dapat tiket ke Bandung. Bisa pakai fitur change tiket kok buat pergantian passenger. Fee (biaya) 50k saja," tulisnya. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat