visitaaponce.com

IMF Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Stabil di Angka 5 Selama 2023-2024

IMF Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Stabil di Angka 5% Selama 2023-2024
Logo IMF(AFP)

LAPORAN World Economic Outlook (WEO) edisi Oktober 2023, International Monetary Fund (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa stabil di level 5% selama periode 2023-2024.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi global diprediksi melambat dari 3% pada 2023, menjadi 2,9% pada 2024.

"Dalam pandangan proyeksi IMF, tingkat inflasi negara berkembang, termasuk Indonesia, bergerak lebih teregulasi," kata Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus, Kamis (12/10).

Baca juga : IMF Rekomendasikan Tiga Langkah untuk ASEAN

Komponen harga komoditas dalam perhitungan inflasi inti tidaklah terlalu besar, di saat dampak dari guncangan ketidakpastian global yang salah satunya datang dari kebijakan moneter Amerika Serikat (AS), memiliki dampak yang lebih terukur pada negara berkembang.

IMF juga mempediksi kebijakan moneter Indonesia akan sejalan dengan inflasi yang tetap landai meski banyak bank sentral negara lain yang masih menerapkan kebijakan moneter agresif.

Baca juga : ADB: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Stagnan di 2024

IMF meyakini kebijakan fiskal Indonesia akan tetap stabil dengan ruang fiskal yang memadai, disertai dengan kebijakan pajak yang moderat dan reformasi struktural, realisasi belanja yang berjalan, juga peningkatan belanja modal secara bertahap dalam jangka menengah.

Di sisi lain untuk tahun 2024, IMF mempertahankan pertumbuhan tetap stabil, yang diperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan stabil di level 5%.

Laju inflasi diprediksi melandai di kisaran 2,5% (yoy) yang juga masih berada dalam kisaran sasaran BI yang sebesar 1,5% - 3,5% (yoy). "Sehingga saat ini dan ke depannya menunjukkan ekonomi Indonesia masih solid sehingga resiliensi Indonesia masih terjaga di tengah ketidakpastian dan peningkatan risiko global," kata Nico. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat