visitaaponce.com

Sandiaga Rute Kairo-Jakarta akan Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lokal

Sandiaga: Rute Kairo-Jakarta akan Dongkrak Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lokal
Ilustrasi(AFP)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan penerbangan langsung Egypt Air dari Kairo, Mesir, ke Jakarta bakal memperkuat kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.  

Yang terdongkrak dari hadirnya penerbangan langsung itu, sambung Sandiaga, tidak hanya dari sektor wisata, tetapi juga produk-produk lokal yang menjadi primadona bagi warga Mesir, seperti bumbu-bumbu atau rempah-rempah dan juga kopi.

"Kami berharap Egypt Air bisa terbang secara harian. Ini akan mampu meningkatkan kualitas fasilitas dan layanan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga di Jakarta, Rabu (1/11).

Baca juga: Kementerian BUMN Pastikan Dukung Aquabike Jetski World Championship

Penerbangan langsung dari Kairo ke Jakarta terakhir kali terjadi pada 2016. Kini, kerja sama kembali dijalin dengan harapan akan memperkuat kolaborasi di antara kedua negara.

Egypt Air akan melakukan penerbangan dengan frekuensi dua kali dalam sepekan. Adapun, kapasitas penuh setiap penerbangan adalah 270 penumpang.

Baca juga: Piala Dunia U-17 Jadi Ajang Promosi Wisata dan UMKM

Berdasarkan data sebelum pandemi, Mesir menjadi negara penyumbang wisatawan mancanegara ke Indonesia terbesar kedua di antara negara-negara Afrika. Mesir hanya kalah dari Afrika Selatan.

"Jumlah kunjungan wisatawan asal Mesir pada 2019 mencapai 21.354 wisatawan," tuturnya.

Adapun, pascapandemi, pada 2022, jumlah pengunjung asal Mesir mencapai 6.857 orang. Angka itu tumbuh 1% dibandingkan tahun sebelumnya.

Indonesia juga telah menambahkan Mesir ke dalam daftar negara yang berhak mendapatkan Visa on Arrival (VoA) pada 2022," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat