visitaaponce.com

Kontribusi AMMN Menurun, Laba MedcoEnergi Triwulan III jadi AS242 Juta

Kontribusi AMMN Menurun, Laba MedcoEnergi Triwulan III jadi AS$242 Juta
Wilayah kerja MedcoEnergi.(MI)

PT MedcoEnergi Energi Internasional Tbk mengumumkan kinerja keuangan sembilan bulan 2023.

Laba bersih pada sembilan bulan 2023 adalah AS$242 juta, dan EBITDA AS$941 juta yang mencerminkan penurunan harga minyak dan gas serta berkurangnya kontribusi AMMN. Bagian laba bersih MedcoEnergi dari AMMN adalah AS$13 juta, turun sebesar AS$159 juta dibandingkan tahun lalu.

Produksi minyak dan  gas Medco tetap stabil dari tahun ke tahun sebesar 161 mboepd. Harga minyak mencapai rata-rata AS$77/bbl selama sembilan bulan pertama 2023, turun AS$24,1/bbl dari US$101,1/bbl pada periode yang sama tahun 2022. Harga minyak pada Q3 2023 pulih menjadi AS$80/bbl.

Roberto Lorato, CEO, menyatakan, pihaknya dengan senang melaporkan hasil operasional dan keuangan satu kuartal lagi yang solid. "Laporan terbaru kami memperlihatkan cadangan Natuna dan Corridor yang lebih besar, yang menunjukkan kapabilitas MedcoEnergi yang baik dan hasil investasi berkelanjutan pada aset- aset kami yang berkualitas tinggi. Untuk meningkatkan nilai Perseroan, kami akan terus fokus pada cost leadership dan penyelesaian proyek utama," ujarnya.

Laporan cadangan baru di Natuna dan Corridor memperpanjang umur cadangan terbukti dan terduga MedcoEnergi menjadi 9,7 tahun.

Pihaknya menyisihkan belanja modal sebesar AS$210 juta, terutama untuk pengembangan Natuna, Corridor dan Ijen.

Dividen Interim
Perseroan akan membayarkan dividen interim untuk tahun buku 2023 sebesar IDR15/saham. Namun belum dijelaskan kapan tanggal pelaksanannya.

Perseroan mencatat utang konsolidasi AS$2,9 miliar turun sebesar 12% dibandingkan tahun sebelumnya, Utang Restricted Group sebesar AS$2,5 miliar atau turun sebesar 14% tahun ke tahun.

MedcoEnergi memiliki kas dan setara kas berjumlah AS$666 juta dengan Utang Bersih AS$2,2 miliar dan Rasio Utang Bersih terhadap EBITDA1 sebesar 1,6x.

Pada Q4 2023,  Medco akan melakukan tender offer membeli kembali Surat Utang Dolar AS 2025 – 2028 senilai AS$425 juta dan menerbitkan Surat Utang Dolar AS 2029 senilai AS$500 juta untuk pembiayaan kembali.

Direktur Utama MedcoEnergi Hilmi Panigoro menyatakan, senang dengan kinerja operasional dan keuangan Perseroan.

"Penerbitan obligasi terbaru dan dukungan investor yang kuat menunjukkan keberhasilan Perseroan dalam memenuhi komitmen dan rencana deleveraging secara konsisten. Dengan membaiknya harga komoditas dan permintaan energi, kami berharap dapat terus melanjutkan pertumbuhan yang berkelanjutan,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Raja Suhud

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat