visitaaponce.com

Kinerja Industri Membaik, Bisnis Waralaba Indonesia Makin Diminati

Kinerja Industri Membaik, Bisnis Waralaba Indonesia Makin Diminati
Pemberian penghargaan untuk pelaku usaha waralaba di IFBC 2023(Dok. IFBC)

KESADARAN masyarakat Indonesia untuk menjadi wirausaha terus menunjukkan tren yang meningkat, terlebih jika usaha yang dijalankan memberikan ragam kemudahan dan fasilitas dukungan maksimal seperti franchise atau waralaba

Hadirnya paket usaha atau bisnis berkonsep jejaring seperti franchise diyakini menjadi satu dari sekian jalan keluar bagi orang yang susah menentukan ide atau konsep usaha namun ngebet ingin memiliki usaha. 

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar menuturkan, perkembangan bisnis waralaba sempat terguncang ketika berada di situasi pandemi Covid-19. Beberapa yang terdampak seperti waralaba di sektor bisnis kuliner dan ritel. 

Baca juga : Franchise & License Expo 2023 (FLEI) Hadir untuk Wujudkan Impian Bisnis Anda

”Karena aktivitas masyarakat dibatasi, maka banyak yang tutup,” ujarnya.

Tapi, masih menurut Anang, situasi berangsur membaik ketika pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Pada kuartal kedua tahun 2022, kedua sektor itu kembali menggeliat. Ditambah lagi beberapa sektor potensial seperti apotek, minimarket, dan toko elektronik, dan lainnya.

Anang menilai, dibandingkan negara lain, Indonesia memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adanya konsumsi domestik yang begitu tinggi. Itulah sebabnya mengapa ekonomi Indonesia bisa bertahan jika dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang sangat bergantung pada ekspor.

Baca juga : Royal Garden Dikukuhkan sebagai Franchise Market Leader 2023 Sektor Kecantikan

Keunggulan dari sisi konsumsi domestik itu diharapkan dapat menumbuhkan permintaan domestik yang tinggi sehingga membentuk pasar tersendiri. 

”Permintaan domestik yang tinggi inilah yang membuat banyak investor ingin menanamkan modalnya. Salah satunya melalui konsep bisnis waralaba,” kata Anang.

emimpin Redaksi Majalahfranchise.com, Rofian Akbar mengatakan, semangat kewirausahaan yang terjadi seperti sekarang ini, terus terang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan merek-merek franchise  di Indonesia. 

Baca juga : Tiktok Mulai Jadi Perhatian Pelaku Usaha Franchise Untuk Perluas Pangsa Pasar

“Dengan terus berekspansinya merek franchise di tahun 2023 ini, implikasinya adalah makin memudahkan orang di pelosok negeri untuk menjadi wirausaha serta penciptaan lapangan kerja,” rincinya. 

Dari situ, Majalahfranchise.com bersama Asosiasi Franchise Indonesia merasa perlu terlibat memberikan apresiasi terhadap pemilik merek franchise yang telah “berjuang” untuk bertahan dan berkembang dalam upayanya memberikan solusi terhadap masyarakat luas yang memiliki minat usaha tinggi. 

“Oleh karena itu, berkaitan dengan semangat kewirausahaan yang sedang tumbuh, serta untuk mendorong merek-merek franchise Indonesia makin profesional dan tangguh, yang tidak hanya bisa berperan di kancah lokal tetapi juga internasional, maka sebagai wujud apreasiasi serta dedikasi kepada merek-merek franchise yang terus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, di penghujung tahun 2023 ini Kami dan Asosiasi Franchise Indonesia akan memberikan penghargaan dengan level tertinggi di Industri franchise  yakni Indonesia Franchise of The Year 2023,” jelas Akbar. 

Baca juga : IFRA Business Expo 2023 Pacu Peluang Bisnis dan Kemandirian Ekonomi Lokal

Ia menjelaskan, penghargaan khusus itu diberikan kepada jenama franchise terbaik di beberapa kategori bisnis, yang setiap tahun terus aktif melakukan pengembangan bisnis di seluruh Indonesia.

“Kami dan Asosiasi Franchise Indonesia mengucapkan selamat atas raihan prestasi ini, semoga mampu menambah akselerasi usaha dengan baik dan cepat serta tetap menjaga komitmen dalam menjalankan usaha,” tutup Akbar.

Peraih Indonesia Franchise  of The Year 2023 diantaranya Apotek K-24, Depo Air Minum Biru, Raywhite Indonesia, Indomaret, Tahu Jeletot Taisi, Martha Tilaar Salon Day SPA, Kebab Turki Baba Rafi, Melia Laundry, D’Penyetz, OTO Bento,Crispyku. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat