visitaaponce.com

SMK PPN Sajikan Produk Unggulan pada Millennial Indonesia Agropreneurs 2023

SMK PPN Sajikan Produk Unggulan pada Millennial Indonesia Agropreneurs 2023
Ajang pameran Milenial Indonesia Agropreneurs (MIA) 2023 di Polbangtan Bogor, Jawa Barat.(Ist)

PERTANIAN Indonesia masa mendatang akan sangat bergantung pada generasi muda. Menyikapi hal itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda untuk bergerak dari hulu hingga ke hilir.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dengan menyelenggarakan pameran produk unggulan petani milenial dari seluruh Indonesia pada Milenial Indonesia Agropreneurs (MIA) 2023 selama pada 2 - 4 November di Polbangtan Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan MIA 2023 mengusung tema ´Penumbuhan Petani Milenial dalam Mendukung Regenerasi Petani dan Ketahanan Pangan Nasional´ yang diikuti sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan bidang pendidikan di antaranya Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian Negeri (SMK PPN) Sembawa di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga: Siswa SMK-PP Kementan Raih Kompetensi Bidang Pertanian

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa bahwa 10 tahun yang akan datang situasi akan berubah, petani yang sekarang sedang produktif maka akan memasuki usia pensiun. Regenerasi petani tua ke petani muda harus segera dilaksanakan.

"Petani milenial itu cerdas, melek terhadap Iptek dan memiliki adrenalin yang luar biasa bagi pembangunan pertanian," katanya.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni yang hadir pada kegiatan MIA 2023 mengatakan bahwa produk yang ditampilkan merupakan produk-produk hasil dari kelompok Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP).

Produk yang ditampilkan PWMP dari SMKPPN Sembawa antara lain keripik pisang aneka rasa, susu Etawakito, telur puyuh, cabai merah, labu madu, pupuk bokashi, bibit karet, bibit kelapa sawit dan tidak ketinggalan produk Teaching Factory (TeFa) berupa telur ayam ras, produk olahan serai wangi seperti essensial oil, sabun dan lilin aroma terapi.

Baca juga: SMK-PP Kementan Sosialisasikan Inkubator Bisnis bagi Stakeholders

"Dengan keterlibatan Produk dari PWMP SMK PP Negeri Sembawa dalam MIA-4, kami harap dapat memperkenalkan dunia pertanian khususnya generasi milenial, yang tentunya bisa mengajak mereka untuk menjadi bagian agroprenur muda pertanian," ujar Yudi Astoni.

Tampak booth pameran SMK PPN Sembawa diserbu pengunjung, salah satu pengunjung pada pameran MIA 2023, Wisda mengaku sangat tertarik dengan produk produk siswa SMK PPN Sembawa salah satunya pupuk kompos,

"Rencananya akan saya gunakan untuk tanaman di perkarangan rumah," kata Wisda. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat