visitaaponce.com

Hilirisasi Kelapa Sawit, Mi Lentrek Kaya Beta Karoten

Hilirisasi Kelapa Sawit, Mi Lentrek Kaya Beta Karoten
Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi) Darmono Taniwiryono.(Dokpri.)

TERNYATA mudah meningkatkan gizi mi instan yang digemari anak-anak dengan virgin palm oil (VPO) yang mengandung beta karoten dan vitamin E tinggi. Asal tahu saja, VPO diperoleh dari pengolahan kelapa sawit

Itu disampaikan Ketua Umum Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (Maksi) Darmono Taniwiryono saat melakukan sesi demo masak di workshop bertajuk Penguatan Sarana Prasarana Pertanian dan Penyuluhan untuk UKMK Petani Sawit Nasional. Acara yang berlangsung pada 7-8 November 2023 di Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, tersebut dihadiri 100 peserta dari berbagai latar belakang, termasuk ilmuwan, peneliti, akademisi, serta pelaku usaha di sektor kelapa sawit di Indonesia.

Darmono mempraktikkan demo memasak mi lentrek yang diperkaya dengan beta karoten. "Ini merupakan suatu inovasi yang menunjukkan beragam cara pemanfaatan produk hilirisasi kelapa sawit," jelas Darmono. Jadi, pemanfaatannya berpotensi memberikan nilai tambah yang signifikan dan mengatasi berbagai macam penyakit tidak menular seperti stunting dan pikun.

Baca juga: Ekonomi tidak Permasalahkan Kenaikan Subsidi Motor Listrik

Pelepah daun sawit, bunga jantan, dan brondolan busuk termasuk sebagian dari bahan baku produk hilir yang dihasilkan saat tandan buah segar (TBS) terjual. Tanpa pengolahan, TBS hanya menghasilkan sebagian kecil dari potensi produk hilir kelapa sawit. 

Namun, ketika TBS diolah, produk hilir tersebut, termasuk CPO, tandan kosong, sabut buah, cangkang, kernel, serta beragam produk bernilai tambah lain. Ini menegaskan bahwa pengolahan TBS menjadi langkah krusial dalam menciptakan sejumlah besar produk bernilai tambah dari kelapa sawit sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi sektor tersebut.

Baca juga: Vale Sepakat Lepas 14 Persen Saham ke MIND ID

Inovasi dalam pemanfaatan produk-produk hilirisasi kelapa sawit sangat penting pula untuk penguatan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Pemanfaatan beragam bahan baku dari kelapa sawit dapat diolah menjadi produk bernilai tambah tinggi, mulai dari lidi, pakan ternak, teh daun sawit, hingga biodiesel, dan minyak goreng. 

Workshop yang digelar Maksi dan didukung Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) itu memberikan pemahaman luas tentang inovasi dalam produk hilirisasi kelapa sawit, menawarkan solusi terbaik, dan pendekatan-pendekatan yang bisa diadopsi untuk mendukung kesejahteraan petani sawit nasional. Diharapkan, hasil dari acara ini dapat memberikan inspirasi serta wawasan yang praktis bagi peserta dalam menerapkan praktik-praktik yang lebih baik di lapangan guna memajukan industri kelapa sawit Indonesia. (RO/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat