visitaaponce.com

Perang Israel-Hamas tak Pengaruhi Kinerja Dagang Indonesia

Perang Israel-Hamas tak Pengaruhi Kinerja Dagang Indonesia
Perang Israel-Hamas tak pengaruhi perdagangan internasional(MI/Usman Iskandar)

PERANG yang terjadi antara Israel dan Hamas tak memengaruhi kinerja dagang internasional Indonesia. Sebab, kedua negara yang berkonflik memiliki peranan yang minim pada aktivitas perdagangan internasional Indonesia.

"Dapat disimpulkan bahwa kondisi politik di kedua negara tersebut tidak signifikan berpengaruh terhadap kinerja perdagangan internasional Indonesia," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Pudji Ismartini dalam konferensi pers, Rabu (15/11).

Dia mengungkapkan, pangsa ekspor Indonesia ke Palestina dalam periode Januari-Oktober 2023 hanya 0,0011% dari total ekspor Indonesia. Kontribusi itu setara US$2,37 juta dari total nilai ekspor yang terjadi dalam 10 bulan pertama tahun ini.

Baca juga: Kerja Sama Agen Perdagangan Italia, Hero Supermarket Gelar 'Italian Fair'

Sedangkan realisasi impor Indonesia dari Palestina nyaris tak terjadi. "Share impor Palestina dari Januari sampai Oktober 0,0000%, karena kecil sehingga kami sampai dengan 4 digit desimal juga belum bisa menunjukkan besarannya," terang Pudji.

Sementara share ekspor Indonesia ke Israel pada periode yang sama tercatat 0,07% dari total ekspor Indonesia. Pudji mengatakan, komoditas utama yang diekspor ke Israel ialah lemak dan minyak hewan nabatu HS15, alas kaki HS64, dan mesin atau perlengkapan elektrik dan bagiannya HS85.

Baca juga: IHSG Berpeluang Menguat Jelang Rilis Neraca Perdagangan Pekan Ini

Sedangkan share impor Indonesia dari Israel tercatat 0,0110% di periode yang sama. Komoditas yang dominan di impor Indonesia ialah mesin dan peswat mekanik HS84, perkakas atau perangkat potong HS82 dan juga mesin dan peralatan listrik HS85. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat