visitaaponce.com

Mendag Sebut Pemerintah tak Boikot Produk Israel

Mendag Sebut Pemerintah tak Boikot Produk Israel
Mendag sebut Pemerintah tidak boikot produk israel(MI/Dwi Apriani)

MENTERI Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan pemerintah tak melakukan boikot terhadap produk apapun yang berasal maupun terafiliasi dengan Israel. Dia mengatakan urusan membeli atau tidak produk yang berasal dari Israel itu merupakan hak dari masyarakat sebagai konsumen.

"Soal daftar-daftar produk yang diboikot, pemerintah tidak memboikot produk mana pun. Kalau ada pendapat masyarakat, silahkan saja," ujarnya dalam rapat kerja bersama Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di gedung DPR, Senin (27/11).

Zulhas, sapaan karib Zulkifli Hasan, juga menegaskan Indonesia menerapkan sistem pasar terbuka. Itu berarti produk dari negara mana pun dapat masuk ke Indonesia asalkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Baca juga: Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Stabil

Itu pun berlaku sama terhadap produk-produk dari Israel maupun yang terafiliasi dengan negara tersebut. Selama tidak ada ketentuan perdagangan yang dilanggar, maka produk-produk itu diperkenankan masuk ke pasar Indonesia.

"Jelas, terang, tidak abu-abu. Kami tak larang produk mana pun. Selama sesuai dengan ketentuan yang ada, silahkan saja," tutur Zulhas.

Baca juga: Soal Rafaksi Migor, Mendag: Kami Hati-Hati

Hal itu ia sampaikan berkaitan dengan informasi yang beredar di media sosial mengenai daftar produk-produk yang perlu diboikot lantaran berasal atau pun terafiliasi dengan Israel. Itu terjadi menyusul perang yang pecah antara Israel dengan Hamas sejak 7 November 2023. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat