visitaaponce.com

Jokowi Apresiasi Rencana Investasi US15 Miliar oleh Exxon Mobil

Jokowi Apresiasi Rencana Investasi US$15 Miliar oleh Exxon Mobil
Presiden Joko Widodo berbincang dengan CEO Exxon Mobil Darren Woods.(BPMI Setpres)

Presiden Joko Widodo mengapresiasi Exxon Mobil atas rencana investasi untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan teknologi penyimpanan dan penangkapan karbon (Carbon Capture Storage/CSS) di Indonesia. Nilai dari rencana investasi tersebut diperkirakan mencapai US$15 miliar.

Apresiasi itu ia sampaikan secara langsung saat bertemu Chairman Exxon Mobil Corporation, Darren Woods, di San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu (15/11) waktu setempat.

"Saya apresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan Carbon Capture Storage (CSS) dengan nilai mencapai US$15 miliar," kata Jokowi kepada Darren Woods, sebagaimana dilansir dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Pembentukan ASEAN Caucus

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa fasilitas CSS dari Exxon akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Itu bakal menjadi salah satu kompleks petrokimia tercanggih di dunia.

Setelah pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Kepala Negara juga mengundang Exxon Mobil untuk berinvestasi di bidang energi baru dan terbarukan dan juga pembangunan infrastruktur hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Baca juga: Indonesia – Amerika Serikat Sepakat Tingkatkan Kemitraan Menjadi Comprehensive Strategic Partnership

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat