visitaaponce.com

Bank Dunia Setuju Beri Rp465 Miliar untuk Program Pengembangan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan Lintas Kementerian dan Lembaga

 Bank Dunia Setuju Beri Rp465 Miliar untuk Program Pengembangan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan Lintas Kementerian dan Lembaga
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno(MI/Palce Amalo)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengklaim Bank Dunia telah setuju memberikan pendanaan US$30 juta atau setara Rp465 miliar untuk kelanjutan Program Pengembangan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan yang ada di lintas Kementerian dan Lembaga, termasuk program Kampanye Sadar Wisata (KSW) pada 2024 yang ada di Kemenparekraf.

"Bank Dunia setuju pada 2024 akan menyediakan tambahan pendanaan untuk kelanjutan program ini," ujar Sandiaga di Jakarta, Minggu (26/11).

Selain pendanaan dari Bank Dunia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga akan menyiapkan dana pendukung. Hingga sejauh ini, Kemenparekraf masih menggodok perhitungan anggaran untuk program tersebut.

Baca juga: Merayakan Keragaman dan Proses Pembuatan Kopi Indonesia di Jakarta International Coffee Conference

Sandiaga mengatakan nantinya seluruh dana yang terkumpul bakal digunakan untuk mendukung desa-desa wisata yang membutuhkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan penguatan kelembagaan.

Kemenparekraf juga akan memastikan penggunaaan dana diimbangi dengan tata kelola yang baik. Program bakal direncanakan secara matang sehingga dapat tereksekusi dengan baik, tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Baca juga: Serap Aspirasi UMKM di Yogyakarta, Sandiaga Kenalkan Ekonomi Hijau

"Kami akan pastikan semuanya dikelola dengan baik dan melibatkan semua pihak. Bukan hanya perencanaan, tapi juga penggunaan dan audit agar dana ini bisa secara dipertanggungjawabkan, digunakan untuk kesejahteraan rakyat secara total," jelasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat