visitaaponce.com

Eks Ketum ASLI Kupas Tuntas Bisnis Laundry dalam Buku Terbarunya

Eks Ketum ASLI Kupas Tuntas Bisnis Laundry dalam Buku Terbarunya
Peluncuran buku Fundamentan Bisnis Laundry karya Apik Primadya(Dok. Pribadi)

DATA Statista menunjukkan, pertumbuhan tahunan bisnis binatu atau laundry  di Indonesia mencapai 3,47% per tahun. Bahkan, diperkirakan 10 tahun ke depan, omzet tahunannya akan mencapai Rp143 triliun.

Hal itu berarti bisnis laundry ini akan tetap bertumbuh. Apalagi, menurut survei Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI), saat ini 7 dari 10 orang di Jakarta sudah terbiasa menggunakan jasa laundry. 

Meski demikian, tidak sedikit pengusaha laundry yang mengalami kebangkrutan. Hal itu membuat Ketua Umum ASLI 2015-2019 dan 2019-2023 Apik Primadya mengupas perihal bisnis laundry lewat buku berjudul Fundamental Bisnis Laundry.

"Ini adalah saripati pengalaman saya membantu lebih dari 300 pengusaha laundry di hampir seluruh wilayah Indonesia selama kurun waktu 3 tahun belakangan. Semoga, dengan pengalaman yang dituangkan dalam buku ini, akan muncul ribuan pengusaha laundry baru yang sukses. Ujungnya, saya berharap ini semua juga bisa membantu membuka lebih banyak lapangan pekerjaan,” kata Apik dalam peluncuran bukunya, Sabtu (2/12)

Buku itu memuat "7 Formula Sukses Berbisnis Laundry ala Apik Primadya", yang meliputi alur usaha laundry:, pola pikir pengusaha dengan mindset tangguh, kompetensi memajukan usaha, prinsip kerja luandry, manajemen usaha, daya ungkit dan scale up, serta tips mengamankan aset-omzet-profit.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga berharap, buku itu bisa menjadi pencerahan untuk kemajuan bisnis laundry di Indonesia. 

“Semoga, ini akan menjadi jalan membuka kesempatan berkembang dan menjadikan bisnis ini terus bisa meningkatkan kesejahteraan semua pihak yang terlibat, dari pemilik usaha, karyawan, hingga pelanggannya,” katanya.

Salah satu pemilik usaha laundry, Alvaro dan Rini mengakui asistensi dari Apik telah membantu dalam mengembangkan usaha. 

“Terbukti kami bisa survive dan terus berkembang. Dengan semua tips dan trik Pak Apik yang banyak dibahas di buku ini, semoga akan makin memajukan industri laundry di Indonesia," ujarnya..

Momen peluncuran buku karya Apik juga menjadi ajang belajar dan jejaring sesama pengusaha laundry. 

Di sisi lain, Apik Primadya juga mengadakan lokakarya 3 hari tiap bulan yang membahas fundamental bisnis laundry secara lebih detail, mendalam, dan diikuti praktik langsung.  (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat