visitaaponce.com

Harga Minyak Global Anjlok, ICP November Turun

Harga Minyak Global Anjlok, ICP November Turun
Ilustrasi(Antara)

HARGA rata-rata minyak mentah Indonesia atau harga minyak mentah Indonesia (ICP) pada bulan November 2023 menurun menjadi US$79,63 per barel melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 407.K/MG.03/DJM/2023 tanggal 2 Desember 2023 tentang Harga Minyak Mentah Bulan November 2023.

Angka ini mengalami penyusutan sebesar US$7,09 per barel dari sebelumnya di bulan Oktober sebesar US$86,72 per barel. Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kemenetrian ESDM Agus Cahyono Adi menjelaskan penurunan harga ICP tersebut dilatarbelakangi oleh anjloknya harga minyak mentah utama di pasar internasional.

Harga rata-rata minyak mentah utama seperti Brent turun sebesar US$7,87 per barel dari US$91,05 per barel di Oktober, menjadi US$83,18 per barel di November. 

Baca juga : Harga Minyak Dunia Naik Jelang Pertemuan OPEC+ 

Baca juga : Harga Minyak Dunia Naik Jelang Pertemuan OPEC+ 

Lalu, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) juga turun US$8,09 per barel, dari US$85,47 per barel pada Oktober 2023 menjadi US$77,38 per barel pada November lalu.

“Selain itu, penurunan harga minyak mentah di pasar internasional salah satunya dipengaruhi oleh proyeksi negara-negara pengekspor minyak bumi atau OPEC,” kata Agus dalam keterangan resmi, Sabtu (9/12).

Baca juga : Minyak Merosot di Bawah US$80 Perdana sejak Juli

OPEC mengusulkan permintaan minyak mentah global mengalami penurunan sebesar 0,06 juta barel per hari untuk periode kuartal ketiga 2023, dibandingkan dengan perkiraan pada laporan bulan sebelumnya.

Baca juga : Minyak Merosot di Bawah US$80 Perdana sejak Juli

Penyebab lain, lanjut Agus, adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi global menjadi 2,9% dari perkiraan sebelumnya tiga persen, terutama di Eropa, menjadi faktor lain yang menyebabkan penurunan harga minyak mentah pada November 2023. Bank Sentral Eropa juga masih mempertahankan tingkat suku bunga acuan untuk penanganan inflasi yang tinggi.

Baca juga : Konflik Hamas-Israel, ESDM Harap Harga Minyak Dunia Tetap Landai

Untuk wilayah Asia Pasifik, harga minyak mentah juga dikatakan anjlok karena kekhawatiran pasar tentang lambatnya pertumbuhan ekonomi Jepang. Produk domestik bruto Jepang turun ke 2,1% tahunan pada kuartal ketiga 2023, setelah sempat meningkat 4,8% pada kuartal kedua.

“Lalu, ada penurunan pengolahan minyak mentah (intake kilang) di kawasan Tiongkok, India dan Korea Selatan yang disebabkan oleh penurunan margin kilang untuk jenis distilat menengah,” pungkas Agus. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat