visitaaponce.com

Anies Pengusaha Mitra Penting untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Anies: Pengusaha Mitra Penting untuk Tingkatkan Kesejahteraan
Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan paparan didampingi moderator Gita Wirjawan dalam Dialog Capres 2024 Apindo di Jakarta.(MI/Susanto.)

PELAKU usaha akan dilibatkan dalam setiap pembuatan kebijakan ekonomi jika calon presiden 2024-2029 Anies Rasyid Baswedan terpilih sebagai presiden. Itu, menurutnya, aspek penting yang kerap diabaikan oleh pembuat kebijakan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal itu ia ungkapkan dalam Dialog Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo)-Capres 2024 bertema Roadmap Perekonomian, Jakarta, Senin (11/12). Kata Anies, pelibatan pelaku usaha tersebut merupakan penerapan dari prinsip kolaborasi yang ia usung.

"Penerapannya kolaborasi, bukan bekerja sendiri. Memiliki kewenangan bukan berarti memiliki pengetahuan. Karena keputusan yang diambil harus mempertimbangkan semua," ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan: Aturan Pajak Harus Terapkan Prinsip Keadilan

"Pengusaha ialah partner penting untuk meningkatkan kesejahteraan Indonesia. Pengusaha ini mesin kemajuan. Ada skala memang, tetapi pemerintah harus bisa memfasilitasi, sehingga yang kita tuju bisa tercapai," tambah Anies.

Kebijakan ekonomi yang disusun dan didiskusikan dengan pelaku usaha dirasa penting. Pasalnya, pelaku usaha merupakan pihak yang terkait dengan yang diatur.

Baca juga: Timnas AMIN Bersyukur Elektabilitas Anies-Muhaimin Meroket

Dengan begitu, kata Anies, kebijakan yang nanti berlaku tak sekadar baik dan bersifat sementara. Namun aturan-aturan tersebut akan memiliki nilai dan dapat bermanfaat, baik bagi perekonomian negara, pelaku usaha, maupun pihak-pihak lain.

"Kalau yang dilihat hanya baik dan tidak baik, itu pragmatis. Itu yang membuat kebijakan inkonsistensi. Namun, kalau ada value itu bisa ensure bahwa kebijakan itu akan konsisten," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat