visitaaponce.com

Inflasi Brasil kembali Melambat pada November

Inflasi Brasil kembali Melambat pada November
Pembeli membeli perangkat TV di supermarket selama penjualan Black Friday di Sao Paulo Brasil pada 23 November 2023.(AFP/Nelson Almeida.)

TINGKAT inflasi Brasil turun untuk bulan kedua berturut-turut pada November. Ini dikatakan pemerintah pada Selasa (12/12). Ini menurut para analis menjamin bank sentral akan mempertahankan laju penurunan suku bunga yang dapat meningkatkan pertumbuhan.

"Tingkat inflasi tahunan melambat menjadi 4,68% atau turun 0,14 poin dari Oktober dan kembali ke kisaran target bank sentral saat ini yaitu 1,75% hingga 4,75%," kata lembaga statistik nasional IBGE.

Tingkat inflasi bulanan ialah 0,28%. Angka ini sedikit di bawah perkiraan analis.

Baca juga: Moody's Turunkan Prospek Peringkat Hong Kong ke Negatif

Kenaikan harga pangan, perumahan, dan transportasi merupakan pendorong utama inflasi pada November. Angka tersebut muncul sehari sebelum bank sentral Brasil mengadakan pertemuan kebijakan moneter terakhirnya tahun ini.

Setelah secara agresif menaikkan suku bunga acuan untuk melawan inflasi yang disebabkan pandemi covid-19 dan kemudian invasi Rusia ke Ukraina, bank tersebut baru-baru ini memulai pelonggaran moneter. Bank mengumumkan pemotongan setengah poin pada setiap tiga pertemuan terakhirnya.

Baca juga: Brasil Tumbuhkan Ekonomi Kuartal III Sebesar 0,1%

Presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva telah berupaya keras melakukan penurunan suku bunga untuk mendorong perekonomian terbesar di Amerika Latin tersebut.

Penurunan baru dalam inflasi, "Membuat penurunan suku bunga sebesar 50 basis poin lagi pada pertemuan bank sentral besok menjadi kepastian," kata perusahaan konsultan Capital Economics dalam suatu catatan. (AFP/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat