visitaaponce.com

Ekspektasi yang Baik Dorong Indeks Keyakinan Konsumen

Ekspektasi yang Baik Dorong Indeks Keyakinan Konsumen
Ilustrasi(Isitmewa)

Indeks Keyakinan Konsumen semakin solid. Itu tercermin dari kinerja pada Desember 2023 yang tercatat sebesar 123,8 atau naik tipis dari capaian bulan sebelumnya yang kala itu di angka 123,6.

Raihan positif itu kemudian diperkuat oleh Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Desember 2023 yang tercatat 113,6 dan 133,9.

IKE meningkat terutama pada Indeks Pembelian Barang Tahan Lama. Sementara, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan tetap kuat ditopang oleh Indeks Ekspektasi Penghasilan.

Baca juga: Indeks Keyakinan Konsumen Naik 123,8 pada Desember 2023

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Indonesia Maximilianus Nico Demus mengatakan hal itu menunjukan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi terkini.

"Ini menunjukkan optimisme yang meningkat karena Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2023 berada pada zona optimistis (>100) yang di topang oleh keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini serta ekspektasi yang baik terhadap kondisi ekonomi ke depan," kata Nico melalui keterangan tertulis, Rabu (10/1).

Baca juga: Pelambatan Indeks Keyakinan Konsumen Diprediksi Terjadi Hingga Maret

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 1,14% pada perdagangan Selasa (9/1). Sektor Material Dasar dan Transportasi memimpin penurunan dengan saham-saham seperti BRPT, MDKA dan SMDR. Investor asing melakukan pembelian bersih senilai IDR304bn pada saham-saham seperti BBCA, BBRI dan TLKM.

Sedangkan, Bursa AS ditutup beragam pada perdagangan Selasa. Defisit neraca perdagangan AS pada bulan November 2023 menyempit menjadi USD63,2 miliar dibandingkan bulan sebelumnya defisit USD64,5 miliar. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat