visitaaponce.com

Kepala IMF Kecerdasan Buatan Menyimpan Risiko dan Peluang Luar Biasa untuk Ekonomi Global

Kepala IMF: Kecerdasan Buatan Menyimpan Risiko dan Peluang Luar Biasa untuk Ekonomi Global
Kepala IMF Kristalina Georgieva(AFP)

KECERDASAN Buatan atau artificial intelligence (AI) membawa risiko terhadap keamanan pekerjaan di seluruh dunia tetapi juga menawarkan peluang luar biasa untuk meningkatkan tingkat produktivitas dan mendukung pertumbuhan global, kata kepala IMF kepada AFP.

AI akan memengaruhi 60% pekerjaan di negara maju, kata Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional, Kristalina Georgieva, dalam wawancara di Washington, sebelum berangkat ke Pertemuan Ekonomi Dunia tahunan di Davos, Swiss.

"Dengan diperkirakan AI akan memiliki dampak yang lebih kecil di negara berkembang, sekitar 40% pekerjaan secara global kemungkinan akan terpengaruh," katanya, merujuk pada laporan IMF yang baru.

Baca juga: Menimbang Ulang Prospek dan Tantangan Ekonomi Global 2024

"Semakin tinggi tingkat pekerjaan berbasis keterampilan, dampaknya semakin besar," tambahnya.

Namun, laporan IMF yang diterbitkan pada Minggu malam mencatat hanya separuh dari pekerjaan yang terpengaruh AI akan terkena dampak negatif. Sisanya mungkin mendapatkan manfaat dari peningkatan produktivitas yang dihasilkan oleh AI. 

Baca juga: IMF Serukan Italia, Prancis, Spanyol Atasi Utang dan Defisit

"Pekerjaan Anda mungkin benar-benar hilang - tidak baik - atau kecerdasan buatan mungkin meningkatkan pekerjaan Anda, sehingga Anda sebenarnya akan lebih produktif dan tingkat pendapatan Anda mungkin naik," kata Georgieva.

Dampak Tidak Merata

Laporan IMF memprediksi meskipun pasar tenaga kerja di negara-negara berkembang dan ekonomi yang sedang berkembang akan melihat dampak awal yang lebih kecil dari AI, mereka juga kurang mungkin mendapatkan manfaat dari peningkatan produktivitas yang akan muncul melalui integrasinya di tempat kerja.

"Kita harus fokus membantu negara-negara berpendapatan rendah untuk bergerak lebih cepat agar bisa mengejar peluang yang akan ditawarkan kecerdasan buatan," kata Georgieva kepada AFP.

"Jadi kecerdasan buatan, ya, agak menakutkan. Tetapi ini juga peluang luar biasa untuk semua orang," katanya.

IMF berencana untuk mempublikasikan perkiraan ekonomi yang diperbarui pada akhir bulan ini yang akan menunjukkan bahwa ekonomi global secara umum berada pada jalur untuk mencapai perkiraan sebelumnya, katanya.

"Ini siap untuk pendaratan lembut," katanya, menambahkan bahwa "kebijakan moneter sedang melakukan pekerjaan yang baik, inflasi turun, tetapi pekerjaan belum sepenuhnya selesai."

"Jadi kita berada di tempat paling sulit untuk tidak mengendur terlalu cepat atau terlalu lambat," katanya.

Ekonomi global bisa menggunakan dorongan produktivitas terkait AI, karena IMF memprediksi pertumbuhan akan terus berlangsung pada tingkat yang sejarah secara umum selama jangka menengah. "Tuhan, betapa kita membutuhkannya," kata Georgieva. "Kecuali kita menemukan cara untuk meningkatkan produktivitas, kita sebagai dunia tidak akan mengalami kisah yang hebat."

Tahun 'Sulit' Mendatang

Georgieva mengatakan 2024 kemungkinan akan menjadi "tahun yang sangat sulit" untuk kebijakan fiskal di seluruh dunia, karena negara-negara berupaya mengatasi beban utang yang terakumulasi selama pandemi covid-19, dan membangun kembali buffer yang telah terkuras.

Miliaran orang juga akan memilih tahun ini, menempatkan tekanan tambahan pada pemerintah untuk entah meningkatkan pengeluaran atau mengurangi pajak untuk mendapatkan dukungan publik.

"Sekitar 80 negara akan mengadakan pemilihan, dan kita tahu apa yang terjadi dengan tekanan pada pengeluaran selama siklus pemilihan," katanya.

Keberatan di IMF, kata Georgieva, adalah pemerintah di seluruh dunia besar-besaran tahun ini dan merusak kemajuan yang sulit mereka capai dalam melawan inflasi tinggi. "Jika kebijakan moneter ketat dan kebijakan fiskal melebar, bertentangan dengan tujuan menurunkan inflasi, kita mungkin akan mengalami perjalanan yang lebih lama," tambahnya.

Fokus pada Pekerjaan

Georgieva, yang masa jabatannya sebagai kepala IMF selama lima tahun akan berakhir tahun ini, menolak untuk dikomentari apakah dia berniat mencalonkan diri untuk periode kedua memimpin lembaga keuangan internasional tersebut. "Saya memiliki pekerjaan yang harus dilakukan saat ini dan konsentrasi saya ada pada pekerjaan itu," katanya.

"Ini adalah kehormatan besar menjadi kepala IMF selama waktu yang sangat bergejolak, dan saya bisa memberi tahu Anda bahwa saya cukup bangga dengan bagaimana institusi ini beradaptasi," lanjutnya.

"Tetapi biarkan saya melakukan apa yang ada di depan saya sekarang." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat