visitaaponce.com

Impactful Leader, Gaya Kepemimpinan untuk Hadapi Perubahan

Impactful Leader, Gaya Kepemimpinan untuk Hadapi Perubahan
Business Leadership Session yang diselenggarakan Kubik Leadership, Rabu, 17 Januari 2024, Jakarta.(Dokpri.)

SAAT ini kita berada pada dunia baru dengan berbagai pemicu perubahan yang terjadi dari mulai teknologi, multi-generation, dan pascapandemi. Perubahan ini tentu tidak dapat dihadapi dengan kepemimpinan yang ada. Diperlukan kepemimpinan baru yang dapat membantu keberhasilan organisasi. Impactful leader menjadi gaya kepemimpinan yang dibutuhkan saat ini untuk menghadapi dunia yang penuh perubahan. 

Itu disampaikan Jamil Azzaini, inspirator SuksesMulia sekaligus founder dari Kubik Leadership, dalam Business Leadership Session yang diselenggarakan pihaknya, Rabu, 17 Januari 2024, Jakarta. Acara itu dihadiri lebih dari 200 manajer hingga direksi dari perusahaan nasional dan multinasional. 

"Impactful leader ialah pemimpin yang memiliki sikap, nilai yang berdampak positif, memberdayakan, menghargai tim, dan menginspirasi mereka untuk tampil lebih baik tetapi juga memberikan kontribusi positif pada bisnis dan institusi tempat dia bekerja. Ada dua kualitas yang menjadi penentu untuk menjadi impactful leader yaitu performance atau seberapa pemimpin mampu membawa performa bisnis terbaik dan leadership capability atau cara pemimpin memimpin timnya. Untuk menjadi impactful leader ada empat pilar yang perlu dijalankan yaitu embrace novelty, create legacy, raise collaboration, dan build dynasty," papar Atok R. Aryanto, Direktur Kubik Leadership, lembaga pelatihan yang sudah berkecimpung 24 tahun dalam bidang leadership dan personal development di Indonesia.

Baca juga: B. Braun Resmikan Pengoperasian PLTS di Pabriknya

Pembicara lain, Direktur Human Capital Management PLN Indonesia Power Wisnoe Satrijono menambahkan agenda dunia untuk mendukung energi terbarukan juga menjadi fokus pihaknya.  Hal ini menjadi perhatian agar SDM yang saat ini sudah ahli di bidang batu bara perlu dipersiapkan dengan mengubah fokus untuk juga ahli dalam bidang energi terbarukan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang berhasil bukan hanya berfokus pada profit perusahaan, tetapi pada pengembangan SDM dan masa depan yang lebih berkelanjutan 

Sementara itu, Direktur Corporate Human Asset Argo Manunggal Group Lim Handy Wiedardi menyampaikan sumber daya manusia atau orang ialah salah satu aspek terpenting dari keberhasilan jangka panjang organisasi. Jika tidak ada orang, apapun tidak akan pernah terwujud. Untuk itu, di AGM orang menjadi aset berharga. Ini mengubah mindset bahwa fungsi HR bukan hanya perekrutan, pengembangan, tetapi juga terlibat menjadi mitra bisnis pada berbagai lini dalam perusahaan untuk memberikan dampak lebih besar. Hal ini sesuai dengan prinsip bisnis dari AGM, yaitu mereka tidak mengejar menjadi yang paling besar, tetapi yang paling baik dalam hal people, planet, dan terakhir profit. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat