visitaaponce.com

Ekonom Di 2023, Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Output Manufaktur Terbesar

Ekonom: Di 2023, Indonesia Masuk 10 Besar Negara dengan Output Manufaktur Terbesar
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembuatan pakaian di salah satu pabrik garmen di Banjarnegara, Jawa Tengah.(Antara/Satria Wijaya)

EKONOM Research Associate Center of Reform on Economics (CORE) dan Guru Besar Universitas Padjadjaran (Unpad), Ina Primiana menyebut bahwa Indonesia masuk dalam 10 besar negara dengan kontribusi output manufaktur terbesar pada 2023.

"Memang Amerika disalip oleh Tiongkok gitu ya walaupun Tiongkok juga sekarang juga kondisinya juga tidak terlalu baik," ucap Ina di Jakarta pada Selasa (23/1).

Lebih lanjut, ujar Ina, kontribusi output manufaktur Indonesia sendiri terhadap dunia mencapai US$241 miliar.

Baca juga: CSIS: Hilirisasi Bukan Jawaban atas Semua Masalah

Sedangkan Tiongkok, berhasil menyalip Amerika sebagai negara manufaktur terbesar dengan nilai output yang mencapai US$4,9 triliun pada 2021.

Meskipun tersalip oleh Tiongkok, saat ini Amerika masih menjadi negara dengan kontribusi output manufaktur terbesar kedua dengan nilai output mencapai US$2,4 triliun.

Baca juga: Gagasan Ekonomi Anies Dinilai Lebih Hemat

Lalu, ia menyebut bahwa Purchasing Managers' Index (PMI) negara-negara Asia bahkan dengan Amerika dan Eropa juga kalah dengan Indonesia.

"Mereka di bawah 50 gitu ya terjadi kontraksi, kita kalah sama India saja. India itu 56 kita itu 52, nah jadi kita kalah dengan India, sementara yang lainnya itu dibawah Indonesia," tutur dia.

Kondisi PMI manufaktur di beberapa negara Asia Pasifik, lanjut Ina, mengalami penurunan pada Desember 2023. Sedangkan kondisi PMI manufaktur ASEAN sendiri, terkontraksi pada Desember 2023 yang disebabkan oleh menurunnya permintaan baru dan melemahnya produksi output di kebanyakan negara ASEAN.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat