visitaaponce.com

Kemenlu dan BNI Dorong Kolaborasi melalui Indonesia Incorporated Day

Kemenlu dan BNI Dorong Kolaborasi melalui Indonesia Incorporated Day
Wakil Menteri BUMN memberikan sambutan dalam Indonesia Incorporated Day di Bali.(Tim Humas BNI)

Kementerian Luar Negeri RI bersama Kementerian BUMN dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) menyelenggarakan Indonesia Incorporated Day di Nusa Dua, Bali, pada akhir pekan lalu.

Sesuai temanya, Kolaborasi Menuju BUMN Go Global, agenda tersebut dimaksudkan untuk mendorong sinergi antara pemerintah, BUMN, swasta, dan UMKM, untuk mewujudkan visi Indonesia menuju kancah dunia.

Pertemuan dihadiri sebelas BUMN dari sektor strategis, lima perusahaan swasta, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Kegiatan dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury dan Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Inrajad Hattari.

Dalam sambutannya, Wamenlu menggaris bawahi pentingnya kerja sama seluruh pemangku kepentingan untuk mewujudkan visi Indonesia Go Global. Diharapkan kegiatan Indonesia Incorporated Day dapat menghasilkan rencana kerja bersama untuk target yang ditetapkan.

Baca juga: Perluas Kantor di Singapura, PIS Tancap Gas Gempur Pasar Asia Pacifik

“Rencana kerja yang dihasilkan dari kegiatan Indonesia Go Global harus actionable, time-bound dan dapat ditindaklanjuti,” ujar Pahala melalui keterangan tertulis, Selasa (30/1).

Ia mengatakan tren geopolitik dewasa ini yang patut menjadi perhatian bersama. Persaingan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok, disrupsi jalur perdagangan, hingga krisis perubahan iklim memiliki pengaruh signifikan terhadap volatilitas pertumbuhan ekonomi global.

Selain itu, dunia yang semakin multi-polar membuka peluang bagi Indonesia dan negara-negara berkembang untuk memperjuangkan kepentingan ekonomi, termasuk  mendorong hilirisasi.

Baca juga: Sah, SMI Miliki Saham di Ruas Tol Bogor Ciawi Sukabumi

Menghadapi dinamika tersebut, Kemenlu tengah menyusun Grand Design Diplomasi Ekonomi (GDDE) guna mendukung transformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai status negara maju pada 2045. Upaya integrasi ekonomi global, perluasan akses pasar, dan pelibatan BUMN dan sektor swasta, menjadi faktor penting dalam inisiatif Indonesia Go Global.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar, mengatakan Indonesia Incorporated Day menandai momen krusial dalam aspirasi global Indonesia. BNI siap mendukung upaya kolaboratif antara Kementerian BUMN, Kementerian Luar Negeri, dan lembaga terkait lainnya.

Salah satu wujud komitmen BNI tersebut adalah dengan menawarkan Global Diaspora Banking Solution dan  memimpin penuh upaya pengembangan bisnis swasta dan UMKM Indonesia di luar negeri. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat