visitaaponce.com

1.600 Karyawan Nike Dirumahkan Karena Restrukturisasi Bisnis

1.600 Karyawan Nike Dirumahkan Karena Restrukturisasi Bisnis
Perusahaan global Nike mengumumkan rencana PHK sebanyak 2% dari total tenaga kerja globalnya sebagai restruksturisasi bisnis.(AFP)

PERUSAHAAN alas kaki dan peralatan olahraga kelas dunia, Nike, akan memangkas 2% dari total tenaga kerja global. Alasannya perusahaan ini tengah melakukan restrukturisasi.

Keputusan ini akan memutus kerja 1.500 hingga 1.600 karyawannya. Perusahaan asal Amerika Serikat ini mengumumkan kabar buruk tersebut langsung oleh CEO-nya, John Donahoe.

“Kami saat ini tidak melakukan yang terbaik, dan saya pada akhirnya meminta pertanggungjawaban diri saya dan tim kepemimpinan saya,” kata Donahoe dalam sebuah memo kepada para karyawan.

Baca juga : Nestle Indonesia PHK 126 Karyawan, Setelah Ramai Diboikot

Ia mengatakan PHK tersebut diperkirakan akan berdampak pada sekitar 1.500 hingga 1.600 karyawan. “Inilah cara kami menghidupkan kembali pertumbuhan kami,” jelasnya.

Perusahaan yang bermarkas di Oregon ini mengatakan pemutusan hubungan kerja akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yang dimulai minggu ini, dan tahap kedua pada akhir Mei.

Nike pada Desember mengumumkan rencana untuk menurunkan biaya sekitar US$2 miliar selama tiga tahun ke depan karena ekspektasi penjualan yang lebih rendah.

Baca juga : Tata Steel akan Berhentikan 800 Pekerja di Belanda

Lusinan perusahaan di AS, sebagian besar di sektor teknologi, telah melakukan PHK sejak kuartal terakhir tahun lalu karena mereka berjuang menghadapi pendapatan yang lebih rendah dan pendapatan iklan yang menurun.

Cisco, Instacart, Snap, DocuSign, Uber, Reddit, Disney, 3M, Amazon, Yahoo, Affirm, Zoom, Dell, IBM, Microsoft, Salesforce, PayPal, dan perusahaan induk Google, Alphabet, telah memberhentikan ribuan pekerja sejak kuartal terakhir 2023. (Anadolu/Z-3)

Baca juga : Alami Rugi Besar, Bayer akan Pangkas Pekerjaan Manajemen

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat