visitaaponce.com

Sri Mulyani Resesi Jepang dan Eropa Sudah Diprediksi

Sri Mulyani: Resesi Jepang dan Eropa Sudah Diprediksi
Menkeu Sri Mulyani(AFP/PUNIT PARANJPE)

MENTERI Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menanggapi terkait Jepang dan Inggris yang masuk ke dalam jurang resesi. Dia katakan hal ini telah diprediksi oleh beberapa lembaga keuangan.

"Tahun ini beberapa lembaga memang menyampaikan bahwa kinerja dari perekonomi negara-negara maju akan cukup tertekan, karena kenaikan suku bunga di berbagai negara terjadi cukup tinggi dan dalam waktu yang sangat singkat," kata Menkeu ditemui di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Jakarta, Selasa (20/2).

Kinerja ekonomi negara maju yang tertekan memang pasti akan memengaruhi kinerja perekonomian negara lainnya. Itu sebabnya proyeksi dan outlook ekonomi bagi banyak negara terutama dalam anggota G7 akan cenderung melemah.

Baca juga : Sinergi ASEAN Penting untuk Perkuat Kawasan dari Tekanan Global

Ini menjadi tantangan untuk lingkungan perekonomian global. Menkeu mengatakan akan ada update terkait kondisi ekonomi dunia, pada pertemuan G20 di Brasil minggu depan, yang akan dia hadiri.

"Tapi negara-negara maju itu, yang mengalami resesi, karena memang mereka sudah cukup lemah, entah karena perang di Ukraina yang memengaruhi terutama Eropa. Tetapi juga Jepang dan Eropa secara general juga akan terpengaruh oleh kebijakan ekonomi terutama kenaikan suku bunga," kata Menkeu. (Z-4)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat