visitaaponce.com

Ekonomi Inodnesia Tumbuh Didukung Ekspor, Investasi Bangunan, Pemilu

Ekonomi Inodnesia Tumbuh Didukung Ekspor, Investasi Bangunan, Pemilu
Tiga pekerja mengolah kedelai sayur (edamame) di PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) di Jember, Jawa Timur, Rabu (17/1/2024).(Antara/Seno)

BANK Indonesia menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia tumbuh lebih baik dari prakiraan. Pada triwulan IV 2023 pertumbuhan tercatat sebesar 5,04% (yoy) atau meningkat dari 4,94% (yoy) pada triwulan sebelumnya. Jadi, secara keseluruhan 2023 mencapai 5,05% (yoy).

"Pertumbuhan ekonomi terutama didukung oleh kenaikan ekspor, peningkatan investasi bangunan, dan dampak positif pelaksanaan pemilu," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada Pengumuman Hasil RDG BI Bulanan Bulan Februari 2024, Rabu (21/2).

Berdasarkan lapangan usaha (LU), pertumbuhan ekonomi 2023 antara lain ditopang oleh sektor yang terkait mobilitas seperti perdagangan besar dan eceran, transportasi dan pergudangan, informasi dan komunikasi, serta penyediaan akomodasi dan makan minum.

Baca juga : Investasi dan Ekspor Jadi Tumpuan

Secara spasial, pertumbuhan ekonomi nasional yang kuat terjadi di banyak wilayah Indonesia dengan kinerja pertumbuhan tertinggi tercatat di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua). Wilayah ini diikuti Kalimantan dan Jawa.

"Ke depan, Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi 2024 akan meningkat dalam kisaran 4,7%-5,5%," kata Perry. Prospek ini dipengaruhi oleh membaiknya ekspor sejalan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi dunia serta tetap baiknya permintaan domestik didukung oleh positifnya keyakinan pelaku ekonomi.

Konsumsi rumah tangga dan investasi, khususnya nonbangunan, perlu terus didorong agar dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Bank Indonesia akan terus memperkuat bauran kebijakan, khususnya melalui kebijakan makroprudensial dan kebijakan sistem pembayaran, serta bersinergi dengan stimulus fiskal pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik," kata Perry. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat