visitaaponce.com

BI Nominal dan Volume Transaksi via QRIS dengan Malaysia Melonjak

BI: Nominal dan Volume Transaksi via QRIS dengan Malaysia Melonjak
Ilustrasi(Antara)

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta mengungkapkan nominal dan volume transaksi inbound maupun outbound melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan Malaysia meningkat pada Januari 2024. Peningkatan tersebut didorong oleh kinerja sektor pariwisata.

Berdasarkan volumenya, inbound atau transaksi dari Malaysia ke Indonesia meningkat 10% menjadi 73.300 transaksi. Sementara, outbond atau transaksi ke Negeri Jiran naik ke 11.533 transaksi.

"Secara nilai, total transaksi inbound mencapai Rp20 miliar, dan outbound berkisar Rp2,9 miliar," ujar Filianingsih Hendarta di Jakarta, Rabu (21/2).

Baca juga : Pengguna QRIS di Jakarta Naik 1,1 Juta, Mayoritas Gen Z

"Memang kalau jumlah turisnya, lebih banyak turis Indonesia yang berwisata ke Malaysia, tapi mereka belanjanya sedikit-sedikit. Justru turis Malaysia yang datang ke Indonesia yang belanjanya banyak," imbuhnya.

Di sisi lain, transaksi dengan Thailand dan Singapura mengalami penurunan. Menurutnya, hal itu wajar mengingat musim liburan yang sudah berlalu pada Desember 2023.

Terkait kerja sama penggunaan QRIS dengan berbagai negara Asia lain, Filianingsih mengatakan pihaknya telah menandatangani MoU dengan Uni Emirat Arab. Ia juga berharap penggunaan QRIS dapat segera diuji coba di Jepang.

"Selain itu, BI kini masih mendiskusikan kerja sama tersebut dengan Arab Saudi," tuturnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat