visitaaponce.com

Kemdikbudristek Fasilitasi AlumniKemah Budaya Kaum Muda di Ajang Inacraft 2024

Kemdikbudristek Fasilitasi Alumni Kemah Budaya Kaum Muda di Ajang  Inacraft 2024
Pengunjung melihat gerai atau stan KBKM di ajang Inacraft 2024(Dok)

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) mengumumkan partisipasinya dalam pameran kerajinan tangan terbesar se-Asia Tenggara, Inacraft 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), mulai dari 28 Februari hingga 3 Maret 2024 . 

Dalam upaya untuk mempromosikan dan mendukung Alumni KBKM dibidang kerajinan tangan, Kemdikbudristek membuka stan yang menampilkan karya-karya unggulan dari para alumni. Karya yang ditampilkan antara lain tas anyaman lais dari Belitung Timur, Bangka Belitung, ikat produk fashion pinggang tenun dari Lombok, NTB,  peralatan makanan serta hiasan dari bambu dari Magelang, Jawa Tengah.  

Produk-produk yang ditampilkan selama pameran merupakan hasil gotong royong alumni KBKM dengan warga desa. Pameran ini diharapkan menjadi platform untuk mempertemukan Alumni KBKM dengan pasar yang lebih luas serta memperkenalkan kerajinan tangan lokal kepada pengunjung dari berbagai negara.  

Baca juga : 16 UMK Program Gedor Ekspor Binaan Pelindo Unjuk Kebolehan di Inacraft 2024

Para alumni dan perajin KBKM pun pengunjung memiliki kesempatan berinteraksi dan berbagi kisah dengan para pengunjung Inacraft tentang alumni KBKM dan pengrajin mengenai pengalaman mereka menjadi bagian dari kegiatan mengikuti KBKM.  

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Restu Gunawan mengungkapkan jika partisipasi Alumni KBKM di Inacraft 2024 merupakan upaya untuk menarik generasi muda untuk terlibat dalam melestarikan dan mengembangkan potensi budaya Indonesia melalui kerajinan tangan.

"Kami berkomitmen untuk mendukung para Alumni KBKM dalam mengembangkan dan mempromosikan karya-karya mereka. Partisipasi kami di Inacraft 2024 merupakan wujud nyata dari komitmen tersebut”, ujar Restu. 

Baca juga : Pelaku UMKM Harapkan Pendampingan dan Edukasi Ekspor

Ketua tim kerja KBKM Sitti Utami Haryanti mengaku sangat antusias dalam menyambut para pengunjung yang menghampiri stan KBK. Selain ingin memperkenalkan produk-produk lokal, Siti menuturkan bahwa pihaknya juga ingin memperkenalkan program KBKM kepada masyarakat.

“Khususnya anak-anak muda jika ada wadah untuk mereka berkontribusi dalam memajukan budaya Indonesia,” terangnya.

Kemdikbudristek mengundang seluruh pecinta kerajinan tangan untuk mengunjungi stan KBKM di Inacraft yang berlokasi di Main Lobby 1, Jakarta Convention Center, 28 Februari-3 Maret 2024, pukul 10:00-21:00. 

Untuk diketahuu Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) adalah platform kerja budaya bagi anak-anak muda untuk mendorong pemajuan kebudayaan melalui pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics, and Arts (STEAM).

Fokus utama produk KBKM adalah inovasi produk kebudayaan yang berbentuk purwarupa fisik dan aplikasi. Aplikasi adalah karya yang berupa perangkat lunak, sedangkan purwarupa fisik merupakan karya yang berbentuk perangkat keras. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat