visitaaponce.com

Rebranding BTN dengan Logo Baru, Apa Maknanya

Rebranding BTN dengan Logo Baru, Apa Maknanya?
BTN ubah logo di usia ke-74 tahun(Dok. BTN)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, atau BTN, mengenalkan logo terbaru pada Minggu (3/3) sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk melakukan rebranding.

Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu menyatakan bahwa perubahan logo ini mencerminkan transformasi yang telah diimplementasikan oleh BTN, seperti digitalisasi bisnis, perbaikan layanan pelanggan, dan modernisasi operasional kantor cabang.

Logo baru ini juga dirancang untuk mendukung pertumbuhan inti bisnis Bank BTN sebagai pemimpin dalam pembiayaan perumahan yang berkelanjutan.

Baca juga : Growth Hacking, Strategi Perusahaan Bertahan di Tengah Bayangan Resesi 

"Makna dari logo baru ini mencakup refleksi dari berbagai transformasi yang telah kita jalani selama 5 tahun terakhir di BTN, termasuk dalam aspek digital bisnis proses, budaya perusahaan, dan bidang lainnya," kata Nixon Ucapnya saat acara BTN Anniversary Festival 2024 di Indonesia Arena GBK, Jakarta, pada hari Minggu.

Perubahan pada logo BTN mencakup penyederhanaan bentuk tulisan atau font dibandingkan dengan logo sebelumnya, terdiri hanya dari tiga huruf, yaitu BTN.

Menurut Nixon, font ini menggambarkan optimisme melalui desain konstruksi yang berani dan dinamis, mencerminkan citra Bank BTN sebagai entitas yang modern dan sesuai dengan perkembangan zaman. Selain perubahan font, logo juga mengadopsi penggunaan huruf kecil untuk setiap kata BTN.

Baca juga : Ragam Upaya Pemerintah Mencapai Dekarbonisasi pada 2060

Nixon menjelaskan bahwa penggunaan huruf kecil ini melambangkan sifat rendah hati, menunjukkan bahwa Bank BTN bersedia didekati, memahami kebutuhan nasabah, aktif berpartisipasi dalam perjalanan nasabah, dan mampu membantu mencapai tujuan hidup.

Pada logo baru, tampak adanya garis merah di atas huruf BTN yang menggambarkan visi progresif dan terus majunya Bank BTN. 

"Bank BTN ingin meneguhkan posisinya sebagai lembaga keuangan visioner yang terus berkembang secara progresif," jelas Nixon.

Baca juga : Menkominfo Dorong Diaspora Ambil Peran Bergerak Majukan Indonesia

Sementara itu, warna logo yang disebut Dynamic Blue dan Stabilitas Merah mencerminkan sifat inovatif dan dinamis dari bank ini dalam upayanya mengembangkan dan menciptakan produk keuangan. Tujuannya adalah untuk membangun ekosistem keuangan yang inovatif, modern, dan dapat diandalkan.

Secara filosofis, warna Dynamic Blue dipilih karena dianggap lebih hidup dan segar dibandingkan biru lainnya, menciptakan gambaran percaya diri yang dapat menarik perhatian masyarakat di luar batas negara. Sedangkan warna Stabilitas Merah melambangkan stabilitas, mencerminkan kekuatan dan ketahanan institusi yang telah dibangun melalui pengalaman berharga selama bertahun-tahun.

Tagline BTN Tak berubah

Sementara perubahan pada logo BTN mulai berlaku efektif per 3 Maret 2024. Perlu dicatat bahwa tidak ada modifikasi pada nama perseroan, dan ini tidak berdampak pada kerja sama yang sedang berlangsung serta perjanjian yang telah disetujui sebelumnya. Walaupun begitu, Nixon menegaskan bahwa BTN akan tetap mempertahankan tagline perusahaan karena ingin mendorong generasi muda untuk menabung dan berinvestasi demi masa depan, terutama dalam rangka memiliki rumah.

"Kami juga akan terus menggunakan tagline yang telah dikenal masyarakat. Ini sebagai upaya untuk mendorong generasi muda dan milenial agar memulai menabung dan memiliki rumah, dengan tagline 'karena hidup bukan hanya tentang hari ini', sebagai respons terhadap kampanye YOLO (you only live once).," tandas dia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat