visitaaponce.com

Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Pembangunan Daerah

Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Pembangunan Daerah
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga(Pemprov Tangerang Selatan)

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga mengungkapkan salah satu kunci penting untuk membangun daerah adalah dengan memperkuat ekonomi kreatif. Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Seminar UPJ Urban Talks, Kamis (7/3).

"Kota adalah raga, harus memiliki jiwa. Salah satu kekuatannya adalah ekonomi kreatif ataupun kreativitas manusia di dalamnya," ujar Pilar usai acara.

Menurut Pilar, ekonomi kreatif menjadi sektor penting yang sangat diperhatikan dan menjadi bagian dari strategi pemerintah kota untuk memajukan Tangerang Selatan. Ia menilai upaya memajukan ekonomi kreatif memiliki dampak cukup signifikan.

Baca juga : Bersama Kantah Tangsel, Benyamin Serahkan Puluhan Sertifikat Tanah Milik Warga

"Oleh karena itu, penting sekali bagi kami untuk terus mendorong industri kreatif bisa terus berkembang. Ini berkaitan dengan ilmu, budaya, ekonomi, dan lain sebagainya, untuk kemajuan Tangerang Selatan," kata Pilar.

Guna memperkuat ekonomi kreatif di wilayahnya, Pemkot Tangerang Selatan bersinergi dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Salah satunya, berkolaborasi dengan kaum muda.

"Tentu saja melakukan ini tidak bisa sendiri. Butuh waktu, tenaga, pikiran, dan komitmen bersama. Bagaimana semua komunitas di Tangerang Selatan, termasuk anak-anak muda yang bergerak di bidang ekonomi kreatif bersama-sama membangun apa yang kita mau, baik pengembangannya atau produk dan jasa apa yang harus kami tawarkan kepada konsumen ataupun publik. Dan juga infrastruktur apa yang harus disiapkan," jelasnya.

Baca juga : Bantuan Korban Banjir Kedaluwarsa, Kemensos Langsung Ganti Dengan yang Baru

Sejauh ini, Pemkot Tangsel juga sudah menyediakan sejumlah fasilitas untuk mendukung para pelaku ekonomi kreatif di wilayahnya. Salah satunya adalah public space. Fasilitas tersebut bisa digunakan untuk pertemuan, tempat bertukar pikiran para pelaku ekonomi kreatif.

Tangerang Selatan juga memiliki creative hub sebagai tempat pelatihan bagi para pelaku ekonomi kreatif. Tujuannya, supaya mereka bisa melakukan penajaman potensi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Pada kesempatan itu, Pilar juga mengungkapkan rasa syukurnya bisa hadir di forum TEDx UPJ Urban Talks. Ia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan untuk membagikan pengalaman mengenai pembangunan perkotaan, khususnya di Tangerang Selatan.

"TEDx ini forum yang sangat luar biasa. Saya senang hadir di dalamnya untuk memberikan sedikit pandangan. Mungkin kalau dibandingkan para narasumber yang luar biasa, saya masih banyak sekali harus belajar. Tapi, inilah momen kami bersama-sama berdiskusi, saling belajar, saling mengambil pengetahuan dari para expert yang ada di bidang masing-masing," tandasnya.

TEDx UPJ Urban Talks diselenggarakan di Gedung Universitas Pembangunan Jaya pada Kamis. Acara tersebut digelar untuk membahas tentang pern penting perkotaan dalam memperkuat kolaborasi dan pertukaran ide, serta jejaring dalam kajian urban. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat