visitaaponce.com

BI Lampung Siapkan Rp4,3 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri

BI Lampung Siapkan Rp4,3 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri
Kanwil BI Lampung menggelar acara penukaran uang bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2024.(Kanwil BI Lampung)

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (BI) Lampung menyiapkan Rp4,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar di wilayah di periode Ramadan dan Idul Fitri 1445 H. Angka yang disiapkan itu mengalami kenaikan 30,3% dari tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, Kanwil BI Lampung hanya menyiapkan Rp3,3 triliun

Kick Off acara penukaran uang bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri 2024 digelar di Kantor Perwakilan BI Provinsi Lampung, Jumat (15/3) dan diresmikan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Lampung Junanto Herdiawan.

Acara itu juga berisikan edukasi dan sosialisasi dengan tema Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Berkah. Itu selaras dengan aspek Paham Rupiah melalui perilaku belanja bijak sesuai kebutuhan.

Baca juga : BI NTT Siapkan Penukaran Uang di di Ramadan dan Idul Fitri Pakai Qris

Pada kesempatan itu, Junanto mengajak masyarakat untuk menggunakan metode pembayaran secara nontunai, seperti quick response code Indonesian standard (QRIS)

“Pembayaran secara nontunai menawarkan kepraktisan, efisiensi, dan menghemat waktu serta terhindar dari peredaran uang palsu di tengah masyarakat,” ujar Junanto.

Pada kegiatan layanan penukaran rupiah itu, dilakukan juga sosialisasi terkait Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah dan mendorong penggunaan QRIS di kalangan masyarakat.

Kegiatan layanan dan sosialisasi tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup. Selain itu diharapkan menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran yang sah di Indonesia, yakni Rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai QRIS.

BI Lampung juga melakukan kegiatan layanan penukaran uang di beberapa pasar, mal, rest area dan kapal ASDP Pelabuhan Bakauheni. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat