visitaaponce.com

BI NTT Siapkan Penukaran Uang di di Ramadan dan Idul Fitri Pakai Qris

BI NTT Siapkan Penukaran Uang di di Ramadan dan Idul Fitri Pakai Qris
Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT akan membuka  layanan kas keliling di area Bundaran  Tirosa, Kota Kupang pada 20, 27 Maret, dan 3 April(MI/Palce Amalo)

KANTOR Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan kemudahan bagi masyarakat yang melakukan penukaran uang receh pada Ramadan dan Idul Fitri 2024.

Kemudahan itu antara lain membuka layanan kas keliling di area Bundaran  Tirosa, Kota Kupang pada 20, 27 Maret, dan 3 April 2024, kemudian berkolaborasi bersama perbankan di Kota Kupang membuka penukaran uang dia area car free day (CFD) pada 23 Maret 2024.

"Pada layanan CFD kali ini Bank Indonesia juga memberikan kemudahan pada masyarakat yaitu penukaran uang menggunakan aplikasi QRIS," kata Kepala Kantor Perwakilan BI NTT Agus Sistyo Widjajati, Kamis (14/3).

Baca juga : BI Siapkan Peredaran Uang Sekitar Rp197,6 Triliun untuk Ramadan

Adapun pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, KPw BI NTT memproyeksikan kebutuhan uang rupiah sebanyak Rp748 miliar. Untuk memenuhi kebetuhan tersebut, lanjut Agus Sistyo Widjajati, Bank Indonesia menyediakan uang rupiah sebesar Rp2,48 triliun.

Uang yang disiapkan itu dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan kualitas layak edar. Besaran nominal ini termasuk untuk kebutuhan ATM Perbankan menghadapi libur panjang Idul Fitri tahun 2024.

Sedangkan nominal Rupiah yang dibutuhkan pada periode Ramadan dan Idul Fitri tahun ini lebih rendah 42% dari Ramadan dan Idul Fitri 2023 yakni sebesar Rp1,2 triliun. Penurunan jumlah kebutuhan uang disebabkan pada saat ini masih banyak uang yang beredar dimasyarakat pasca even pesta demokrasi. Pada periode demokrasi pemilu tersebut KPw BI Provinsi NTT telah mengedarkan uang kepada perbankan sebanyak Rp457 Miliar.

Menurutnya, untuk menyemarakkan Ramadan dan Idul Fitri, pada tahun 2024 KPw BI Provinsi NTT juga menggelar kegiatan Semarak Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) dengan mengangkat tagline Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat