visitaaponce.com

Sebaran Perputaran Uang saat Lebaran tidak Merata

Sebaran Perputaran Uang saat Lebaran tidak Merata
Ilustrasi. Petugas menunjukkan uang tunai di BNI Cash Center, Jakarta, Kamis (14/3).(ANTARA/AKBAR NUGROHO GUMAY)

PENINGKATAN arus perputaran uang selama periode Lebaran kerap terjadi. Hal yang sering luput ialah tidak meratanya sumber perputaran tersebut. Hanya kelompok tertentu dengan penghasilan tetap yang aktif bertransaksi, sementara banyak kelompok menengah bawah berkutat memenuhi kebutuhan hidup.

"Ini penyebarannya (perputaran uang) tidak merata. Jadi, banyak ditopang oleh kelas menengah atas yang masih punya daya beli kuat, mereka masih spending, dapat THR untuk mudik, wisata, belanja barang-barang," ujar Direktur Eksekutif Center of Reform on Economic (CoRE) Indonesia Mohammad Faisal saat dihubungi, Jumat (29/3).

"Sedangkan kelas menengah bawah ini yang menjadi concern sekarang. Karena dari sisi daya beli ada tekanan. Baik karena biaya hidup yang naik, maupun dari sisi income yang turun," sambungnya.

Baca juga : Bijak Kelola THR agar tidak Cepat Habis

Tekanan terhadap kelas menengah bawah utamanya datang dari upah riil yang mengalami kontraksi, atau penurunan. Turunnya upah riil akan berdampak pada kemampuan belanja. Alhasil, daya beli akan turun, terutama dari mereka yang mengalami kontraksi pendapatan.

"Pada 2023 itu hampir semua sektor turun, sementara kita tahu inflasi pangan kemarin sangat tinggi dan membuat kelas menengah bawah ini memiliki keterbatasan untuk spending," jelas Faisal.

Tidak meratanya sumber perputaran uang pada lebaran tahun ini juga kemungkinan besar karena masyarakat menengah bawah memilih untuk menahan konsumsi.

"Kemungkinan kalau mereka dapat THR, itu dipakai untuk ditabung, atau bayar utang. Ini ada kesenjangan dalam hal konsumsi, mobilitas, dan dalam hal spending antara kelas menengah atas dengan menengah bawah," pungkas Faisal. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat