visitaaponce.com

Perusahaan Modal Ventura ini Siap Investasikan Rp117 Triliun untuk Startup Teknologi

Perusahaan Modal Ventura ini Siap Investasikan Rp117 Triliun untuk Startup Teknologi
OpenAI, salah satu startup teknologi di bidang kecerdasan buatan(Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)

Perusahaan modal ventura Silicon Valley, Andreessen Horowitz menyatakan pihaknya telah mengumpulkan US$7,2 miliar (kurang lebih Rp117 Triliun untuk berinvestasi pada sejumlah perusahaan rintisan (start up) di bidang gim, aplikasi, kecerdasan buatan, dan banyak lagi.

“Ini menandai tonggak penting bagi kami,” kata salah satu pendiri perusahaan itu, Ben Horowitz dalam sebuah posting blog, Selasa (16/4).

“AI (kecerdasan buatan) mewakili pergeseran generasi dalam komputasi – mengikuti jejak mikroprosesor dan internet – dan AI akan memberikan peningkatan yang sepadan dalam hal biaya, efisiensi, dan produktivitas manusia,” tulis Horowitz.

Baca juga : Kantor Pusat Baru Traveloka Hadir di Green Office Park BSD City

Sebuah proyek yang dinamai ‘American Dynamism’ yang didanai sebesar US$600 juta, kata dia, akan menargetkan investasi pada startup di bidang kepentingan infrastruktur nasional, seperti dirgantara, pertahanan, keselamatan publik, pendidikan, dan rantai pasok.

Dana investasi dalam jumlah yang sama telah dikumpulkan untuk diinvestasikan pada startup gim. “Kami yakin gim akan memainkan peran penting dalam menentukan cara kita bersosialisasi, bermain, dan bekerja pada abad mendatang," tambah Horowitz.

Adapun dana yang ditujukan untuk pengembangan aplikasi, kata dia, berhasil mengumpulkan US$1 miliar.

Perusahaan modal ventura yang didirikan pada 2009 ini dikenal karena berinvestasi sejak awal pada sejumnlah perusahaan raksasa teknologi seperti Facebook dan Airbnb. (AFP/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat