visitaaponce.com

BTN Permintaan KPR Nonsubsidi Naik di Kuartal Pertama 2024

BTN: Permintaan KPR Nonsubsidi Naik di Kuartal Pertama 2024
Ilustrasi(Antara)

Direktur Consumer BBangk Tabungan Negara (BTN) Hirwandi Gafar mengungkapkan permintaan KPR nonsubsidi pada tahun ini masih tinggi dan diperkirakan akan terus meningkat pada Mei dan Juni 2024.

Salah satu penyebab kenaikan adalah adanya insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk pembelian rumah di bawah Rp2 miliar.

"Memang di Januari ke Maret 2024, itu tidak setinggi di November-Desember 2023. Namun, itu terjadi karena masih banyak proses pembangunan. Saya yakin di Mei dan Juni ini akan meningkat karena rumah sudah mulai siap di bulan-bulan itu," kata Hirwandi di Jakarta, Kamis (25/4).

Baca juga : Sukuk untuk Pembiayaan Tapera Diluncurkan

Sebagai informasi, KPR nonsubsidi BTN di tiga bulan pertama 2024 mencapai Rp98,8 triliun. Angka itu lebih tinggi 11,2% dibandingkan perolehan di periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni Rp88,8 triliun

BTN menerapkan strategi berupa membidik lebih banyak penyaluran KPR nonsubsidi ke segmen menengah ke atas dan itu sudah mulai menunjukkan hasil.

Adapun, KPR dengan ticket size di atas Rp750 juta, BTN mencatat ada pertumbuhan 176,6% di kuartal pertama 2024. Total penyaluran mencapai Rp1,05 triliun atau meningkat dari periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp380 miliar.

Namun dari total kredit dan pembiayaan perumahan, penyaluran KPR BTN subsidi di kuartal pertama 2024 masih menjadi yang terbesar yakni mencapai Rp167 triliun atau naik 12,3% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni Rp148,6 triliun. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat