visitaaponce.com

3.000 Buruh dari Tangerang Bergerak ke Jakarta Rayakan May Day

3.000 Buruh dari Tangerang Bergerak ke Jakarta Rayakan May Day
Ilustrasi(Antara)

Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang, Banten, bergerak ke Jakarta untuk menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, Rabu (1/5).

Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) KSPSI Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi mengatakan May Day 2024 menjadi momentum pihaknya untuk terus memperjuangkan berbagai hak dan kesejahteraan buruh yang sampai saat ini masih belum dirasakan.

Pada aksi memperingati Hari Buruh Internasional tahun ini, pihaknya akan bergerak dari Tangerang menuju Patung Kuda, Jakarta, dengan total lebih dari 3.000 massa dari berbagai serikat pekerja yang ada di Tangerang Raya.

Baca juga : Serikat Pekerja Tuntut Pencabutan UU Cipta Kerja

"Kami berkumpul di Citra Raya, Cikupa, Kabupaten Tangerang pada pukul 07.30 WIB, dengan massa sekitar 3.000 orang," ujar Ahmad.

Adapun, salah satu tuntutan yang bakal disampaikan adalah mengenai Undang-undang Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023 yang dianggap tidak memihak kaum buruh.

"Tentu aksi kami ada beberapa tuntutan, salah satunya meminta cabut UU Ciptaker Nomor 6 Tahun 2023, atau minimalnya keluarkan Omnibus Law," jelasnya.

Baca juga : Buruh Konsisten Tolak UU Cipta Kerja

Tuntutan lainnya berupa pencabutan Peraturan Pemerintah (PP) 36 Tahun 2002 JO PP 51 Tahun 2023 tentang pengupahan.

"Selain itu, kami meminta untuk berlakukan upah sektoral berdasarkan kualifikasi industri nasional," imbuh Ahmad.

Pihaknya juga menyoroti masih banyak perusahaan-perusahaan tertentu yang melakukan praktik Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara masif terhadap aktivis serikat pekerja ataupun buruh di Tangerang.

Baca juga : Ini Pesan Anggota DPR Terkait Hari Buruh 1 Mei

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Tangerang Kosasih membenarkan adanya aksi pergerakan masa buruh yang akan menuju Jakarta. Ia memastikan akan mengawal para buruh dari berbagai serikat pekerja di daerah tersebut.

Sejauh ini Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tangerang telah berkoordinasi dengan sejumlah serikat pekerja untuk pengawalan tersebut.

Selain itu untuk memastikan pengamanan terhadap jalannya aksi buruh tersebut, pihaknya mengerahkan sekitar 600 personel dibagi ke beberapa titik lokasi. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat